News  

Mengapa Doa Ketika Turun Hujan Penting dan Bagaimana Cara Memanjatkannya?

doa ketika turun hujan
Dan janganlah kita cela hujan, karna sesungguhnya hujan itu adalah berkah bagi mereka yang bersyukur, adapun bencana sesungguhnya bukan di karnakan hujan, akan tetapi oleh sebab ulah manusia sendiri.

Doa ketika turun hujanHujan adalah sebuah nikmat yang diberikan Allah SWT kepada ciptaan-Nya. Hujan mempunyai peran penting dalam menjaga kehidupan di bumi, karena air hujan sangat diperlukan oleh semua makhluk hidup, terutama tumbuhan dan manusia. Namun, di sisi lain, hujan juga dapat menimbulkan bencana seperti banjir, tanah longsor, dan lain-lain. Oleh karena itu, Rasulullah SAW mengajarkan untuk membaca doa ketika turun hujan. Ada beberapa doa yang bisa dipanjatkan agar hujan membawa keberkahan dan tidak merusak lingkungan atau menimbulkan bencana.

Imam Ibnu Katsir menjelaskan dalam kitab tafsirnya, hujan termasuk nikmat Allah SWT yang dilimpahkan kepada ciptaan-Nya. Sebagaimana Allah SWT berfirman,

هُوَ الَّذِيْٓ اَنْزَلَ مِنَ السَّمَاۤءِ مَاۤءً لَّكُمْ مِّنْهُ شَرَابٌ وَّمِنْهُ شَجَرٌ فِيْهِ تُسِيْمُوْنَ

Artinya: “Dialah yang telah menurunkan air (hujan) dari langit untuk kamu. Sebagiannya menjadi minuman dan sebagiannya (menyuburkan) tumbuhan yang dengannya kamu menggembalakan ternakmu.” (QS An Nahl: 10)


Allah SWT juga berfirman,

اَمَّنْ خَلَقَ السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضَ وَاَنْزَلَ لَكُمْ مِّنَ السَّمَاۤءِ مَاۤءً فَاَنْۢبَتْنَا بِهٖ حَدَاۤىِٕقَ ذَاتَ بَهْجَةٍۚ مَا كَانَ لَكُمْ اَنْ تُنْۢبِتُوْا شَجَرَهَاۗ ءَاِلٰهٌ مَّعَ اللّٰهِ ۗبَلْ هُمْ قَوْمٌ يَّعْدِلُوْنَ ۗ

Artinya: “Apakah (yang kamu sekutukan itu lebih baik ataukah) Zat yang menciptakan langit dan bumi serta yang menurunkan air dari langit untukmu, lalu Kami menumbuhkan dengan air itu kebun-kebun yang berpemandangan indah (yang) kamu tidak akan mampu menumbuhkan pohon-pohonnya? Apakah ada tuhan (lain) bersama Allah? Sebenarnya mereka adalah orang-orang yang menyimpang (dari kebenaran).” (QS An Naml: 60)

Baca Juga:   Mengenal Lebih Dekat Profil Indra Bekti Yang di Gugat Cerai Aldila Jelita

Dalam Kitab Al-Adzkar karya Imam an-Nawawi dan Kitab Fiqhus Sunnah karya Sayyid Sabiq, terdapat beberapa doa yang dipanjatkan ketika turun hujan, antara lain doa untuk meminta hujan yang berkah dan bermanfaat, serta doa agar hujan lebat tidak menimbulkan bencana. Doa ketika turun hujan tersebut diriwayatkan dalam hadits Bukhari dan menjadi bagian penting dalam ibadah Muslim.

Bacaan Doa ketika Turun Hujan

1. Doa ketika Turun Hujan agar Berkah

اللَّهُمَّصَيِّباًنَافِعاً

‘Allahumma shoyyiban nafi’an’

Artinya: Ya Allah, turunkanlah pada kami hujan yang bermanfaat.

2. Doa ketika Turun Hujan Lebat agar Tidak Menimbulkan Bencana

اللَّهُمّ حَوَالَيْنَا وَلَا عَلَيْنَا,اللَّهُمَّ عَلَى الْآكَامِ وَالْجِبَالِ وَالظِّرَابِ وَبُطُونِ الْأَوْدِيَةِ وَمَنَابِتِ الشَّجَرِ

Allahumma haawalaina wa laa ‘alaina. Allahumma ‘alal aakami wal jibaali, wazh zhiroobi, wa buthunil awdiyati, wa manaabitisy syajari

Artinya: “Ya Allah, turunkanlah hujan di sekitar kami, bukan untuk merusak kami. Ya Allah, turunkan lah hujan ke dataran tinggi, gunung-gunung, bukit-bukit, perut lembah, dan tempat tumbuhnya pepohonan.” (HR Bukhari)

Memperbanyak doa ketika turun hujan juga merupakan bentuk penghormatan kepada Allah SWT atas nikmat hujan yang diberikan-Nya. Dalam Al-Qur’an, Allah SWT menegaskan bahwa Dia-lah yang menurunkan hujan dari langit untuk menghidupkan bumi dan memberi makan kepada makhluk hidup. Oleh karena itu, membaca doa ketika turun hujan bukanlah sekedar kegiatan rutin, melainkan merupakan bentuk pengakuan atas kebesaran Allah SWT yang telah memberikan nikmat tersebut.

Baca Juga:   Berapa Besaran Gaji Polwan? Ini Rinciannya

Selain itu, doa ketika turun hujan juga memperlihatkan kepedulian kita terhadap lingkungan. Kita tidak boleh meremehkan dampak dari hujan yang berlebihan karena dapat menyebabkan bencana alam. Oleh karena itu, doa ketika turun hujan yang kita panjatkan haruslah memohon keberkahan dan kesejahteraan bagi makhluk hidup, serta memohon agar hujan yang turun tidak merusak lingkungan dan menimbulkan bencana.

Kesimpulannya, doa ketika turun hujan sangat penting bagi kehidupan manusia dan makhluk hidup lainnya. Doa tersebut bukan hanya sekedar rangkaian kalimat, melainkan sebuah bentuk penghormatan dan pengakuan atas kebesaran Allah SWT, serta kepedulian terhadap lingkungan dan makhluk hidup. Oleh karena itu, mari kita perbanyak doa ketika turun hujan agar hujan membawa keberkahan dan kesejahteraan bagi semua makhluk hidup di bumi. Sumber: CNBC

Avatar Koran Fakta
Editor Koran Fakta

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.