Rahasia di Balik Sidang Isbat yang Mengejutkan Terungkap Setelah Pemerintah Menetapkan Tanggal 1 Syawal 1444 H secara Resmi

Sidang Isbat

Hai, semuanya! Kabar baru saja datang dari pemerintah bahwa 1 Syawal 1444 H jatuh pada hari Sabtu, 22 April 2023. Bagi umat Islam di Indonesia, ini artinya bahwa besok masih harus melaksanakan puasa Ramadan, dan malam Sabtu akan merayakan Idul fitri 2023 dengan takbiran.

Namun, tahukah kalian bahwa penetapan ini tidak datang dengan mudah? Pemerintah harus menggelar Sidang Isbat untuk menentukan tanggal 1 Syawal 1444 H. Dalam sidang tersebut, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas memimpin sidang yang membahas kriteria baru yang ditetapkan oleh MABIMS untuk menentukan awal Syawal. Ternyata, posisi hilal di Indonesia belum memenuhi kriteria tersebut.

Sidang Isbat: Pemerintah Menetapkan Tanggal 1 Syawal 1444 H secara Resmi

Menurut Menag, tidak ada satu pun perukyah hilal yang dapat melihat hilal pada saat sidang isbat dilaksanakan. Karena itu, sidang memutuskan untuk mengistikmalkan bulan Ramadan menjadi 30 hari dan menetapkan awal Syawal pada Sabtu, 22 April 2023.

Baca Juga:   Menghadapi Mudik Lebaran Idul Fitri 2023: Tradisi, Tantangan, dan Solusi di Era Modern

Tentu saja, ada beberapa perbedaan penetapan awal Syawal di masyarakat. Namun, Menag mengimbau seluruh umat Islam untuk tetap menjaga toleransi dan ukhuwah Islamiyah. Saling menghormati perbedaan keyakinan itu indah, bukan?

Sidang Isbat 1 Syawal 1444 H dihadiri oleh perwakilan ormas Islam, perwakilan Duta Besar negara sahabat, Tim Hisab Rukyat Kemenag, serta para pejabat Eselon I dan II Kementerian Agama. Ini menunjukkan betapa pentingnya penetapan awal Syawal bagi umat Islam di Indonesia.

Jadi, untuk kalian yang merayakan Idul fitri2023, selamat merayakan Idul fitri! Mari menebarkan kedamaian dalam Idul fitri 2023 dan menjaga toleransi serta ukhuwah Islamiyah. Kita tunggu lagi Sidang Isbat tahun depan untuk menentukan awal Syawal yang akan datang.

Demikianlah kabar terbaru mengenai penetapan tanggal 1 Syawal 1444 H yang jatuh pada hari Sabtu, 22 April 2023. Meskipun proses penetapannya tidak mudah, namun Pemerintah akhirnya resmi menetapkan tanggal tersebut setelah mengadakan Sidang Isbat. Mari kita sambut hari kemenangan ini dengan penuh suka cita dan menjaga toleransi serta ukhuwah Islamiyah di antara sesama umat Muslim. Terima kasih sudah membaca dan sampai jumpa di Sidang Isbat tahun depan. Selamat Hari Raya Idulfitri!

Baca Juga:   7 Langkah Menciptakan Kamar Tidur yang Menenangkan untuk Tidur Berkualitas

Baca Juga Berita Terbaru Lainnya di Google New

Avatar Koran Fakta
Editor Koran Fakta

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.