Bisnis  

Simak, 5 Trik Pemasaran Yang Bisa Membuat Konsumen Melirik Bisnis Kulinermu!

pemasaran

Menjalankan usaha kuliner pada bulan Ramadhan bisa menjadi peluang bisnis yang menguntungkan, asalkan dilakukan dengan persiapan yang matang, termasuk strategi pemasaran yang tepat. Terdapat lima trik pemasaran yang bisa dilakukan untuk memulai usaha kuliner saat bulan Ramadhan, yang dijamin akan membuat konsumen melirik bisnis kulinermu.

1. Berikan nilai pada produk

Konsumen pada umumnya akan memperhatikan aspek spiritualitas melalui kegiatan agama selama bulan Ramadhan. Agar usahamu lebih menarik selama Bulan Ramadhan, kamu bisa menerapkan strategi pemasaran yang menekankan nilai-nilai spiritual dengan menyediakan layanan jasa delivery makanan sahur dan memberikan promo spesial terkait amal, sedekah, dan berkah kepada konsumenmu.

2. Berikan self reward pada konsumen

Konsumen akan merasa berhasil menuntaskan puasa selama satu hari penuh saat berbuka, dan memberikan penghargaan diri dengan mengonsumsi makanan yang mereka sukai dan manis. Agar lebih menarik bagi konsumen, kamu bisa menyusun paket bundling yang terdiri dari makanan utama dan makanan penutup seperti pudding, es krim, atau es buah.

3. Klaim khasiat produk

Penjelasan khasiat produk penting untuk promosi kepada konsumen. Contohnya, produk dapat membantu menambah stamina selama berpuasa. Strategi penyebutan khasiat produk bisa dilakukan dalam konteks pemasaran melalui lisan dan tertulis, namun pastikan untuk melakukan uji lab resmi jika ingin mencantumkan pada label kemasan.

Baca Juga:   Memahami Pembeli dalam Bisnis: Menggali 5 Metode Terbukti

4. Berikan pengalaman kuliner yang berharga

Konsumen pada bulan Ramadhan menganggap makanan sebagai suatu pengalaman berharga, dan akan memanfaatkan momen ini sebagai sarana berkumpul dengan kerabat atau keluarga yang jarang bertemu pada bulan lainnya. Konsumen tak hanya mencari makanan saat berbuka, tetapi juga menginginkan pengalaman yang berkesan.

Oleh karena itu, kamu bisa memanfaatkan momen berharga ini dengan memberikan fasilitas pendukung yang menarik bagi konsumen, seperti meja yang lebih besar untuk kelompok yang hadir, dan menyediakan tambahan makanan dan minuman gratis sebagai bonus. Dengan begitu, konsumen akan merasa dihargai dan mengingat pengalaman berbuka puasa yang menyenangkan di tempatmu.

5. Sediakan layanan pesan antar online

Layanan pesan antar online saat ini merupakan salah satu keunggulan yang bisa kamu tawarkan kepada konsumenmu. Kamu bisa menggeser jam operasional bisnis dari pagi hingga sore hari menjadi sore hingga malam hari. Layanan pesan antar online memberikan kemudahan bagi konsumen untuk menikmati makanan dan minuman favorit tanpa harus keluar rumah atau memasak sendiri, sehingga konsumen merasa lebih fleksibel dalam menentukan waktu dan tempat untuk menikmatinya.

Baca Juga:   6 Tips Jitu Menjadi Wirausaha Sukses Bagi Mahasiswa: Bukan Hanya Belajar di Kampus!

Dengan menerapkan lima trik pemasaran tersebut, bisnis kulinermu pasti akan melonjak dengan pesat pada bulan Ramadhan. Jangan lupa untuk melakukan persiapan yang matang, termasuk memastikan kualitas dan keamanan produkmu agar konsumen semakin percaya dan setia dengan bisnis kulinermu.

Baca Juga Berita Terbaru Lainnya di Google New

Avatar Koran Fakta
Editor Koran Fakta

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.