Tips Mencari Lowongan Kerja Terbaru 2022

Lowongan Kerja

Banyak orang merasa susah mendapatkan lowongan kerja yang pas karena keterbatasan relasi dan info lowongan kerja itu sendiri. Padahal ada beberapa tips mencari lowongan kerja yang tepat agar bisa mendapatkan posisi dan bidang kerja yang sesuai.

Tidak  harus bertanya kepada teman, saudara atau kerabat karena di era digital seperti sekarang ini mendapatkan informasi lowongan kerja bahkan bisa melalui internet atau secara online melalui sosial media. Berikut kami akan bagikan beberapa tips untuk menemukan lowongan kerja yang sesuai!

Tips Mencari Lowongan Kerja

Cari informasi loker di internet

Informasi lowongan kerja full time, lowongan kerja part time, sampai dengan lowongan kerja freelance sekarang ini tersebar di internet. Banyak situs lowongan kerja seperti halnya jobstreet, jobseeker.id dan masih banyak lainnya memberikan informasi loker di berbagai daerah.

Anda tinggal cari informasi posisi loker yang Anda inginkan di situs – situs tersebut kemudian cari juga informasi syarat dan recruitmentnya seperti apa. Dengan demikian pekerjaan potensial sesuai minat, bakat atau keahlian dan keinginan bisa Anda dapatkan.

Namun perlu Anda ingat juga bahwa persaingan mendapatkan satu bidang kerja sangat besar sehingga seseorang tidak boleh terlalu strict atau kaku berpatok pada satu bidang kerja saja. Jika memang ada peluang lain yang sekiranya cocok dan memberikan kesempatan Anda bekerja lebih banyak, Anda bisa melamar dan mempertimbangkannya juga.

Baca Juga:   Membangun Rumah Ramah Lingkungan: 7 Cara Efektif untuk Berkontribusi pada Perubahan

Latih skill

Mencari lowongan kerja online atau pun offline sama  – sama membutuhkan soft skill dan hard skill. Jadi pastikan Anda melatih semua skill yang Anda punya. Salah satu yang harus dilatih adalah kemampuan beradaptasi dengan rekan kerja, cara meredam emosi, meningkatkan kemampuan komunikasi dan kemampuan interpersonal lainnya.

Semua itu sangat dibutuhkan karena biasanya suatu perusahaan butuh seseorang yang mampu bekerja sama dalam sebuah tim demi mencapai apa yang menjadi tujuan perusahaan.

Dapatkan lebih banyak informasi dari orang berpengalaman

Tips mencari lowongan kerja selanjutnya adalah berusaha mendengar dari orang lain. Ya, terlalu banyak mendengar memang tidak baik namun tidak mendengarkan pendapat orang lain sama sekali juga tidak baik.

Terlebih kalau yang diinformasikan tersebut  terkait dengan pengalaman mereka. Seperti sebuah pepatah yang mengatakan kalau pengalaman menjadi sebuah guru terbesar atau terbaik dalam kehidupan.

Jadi coba dengarkan apa yang menjadi pengalaman mereka baik itu pengalaman baik dan pengalaman buruknya. Dari sana banyak hal bisa Anda pelajari.

Dari pengalaman buruk orang lain, Anda pun bisa lebih berhati – hati dan meminimalisir kesalahan serupa di kemudian hari. Tak ada salahnya juga meminta pandangan, pendapat dan masukan dari orang yang berpengalaman. Buang buruknya dan ambil baiknya.

Baca Juga:   Cara Cek Kode Bank BNI Melalui ATM Serta Melakukan Transfer Ke Bank Lain

Jangan lupakan CV dan surat lamaran kerja

Bahkan melamar kerja secara online pun membutuhkan penyertaan CV dan surat lamaran kerja. Jadi pastikan dua hal tersebut Anda perhatikan betul. Pastikan jangan sampai ada satu pun yang terlewat untuk dicantumkan.

Untuk data yang harus ada pada CV terdiri atas :

  • Data pribadi seperti nama lengkap, tempat tanggal lahir, alamat, nomor telephone, alamat email dan sebagainya
  • Latar belakang Pendidikan
  • Pengalaman kerja
  • Keahlian
  • Prestasi
  • Organisasi yang pernah diikuti

Kemudian buat surat lamaran kerja dengan rapi dilengkapi berkas pendukung yang lengkap dan diakhiri penutup.

Itulah sedikit tips mencari lowongan kerja yang bisa diikuti dan perlu diperhatikan. Semoga menjadi informasi yang membawa manfaat dan selamat mencari kerja, semoga Anda yang sedang berjuang mendapat kerja bisa segera menemukan sesuai keahlian dan skill yang Anda punya.

Avatar Koran Fakta
Editor Koran Fakta

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.