Tekno  

Printer Ready Tapi Tidak Bisa Ngeprint? Ini Penyebabnya

Printer Ready Tapi Tidak Bisa Ngeprint

Printer memang terkenal menjadi salah satu perangkat yang paling sering mengalami masalah. Salah satu masalahnya adalah printer ready tapi tidak bisa ngeprint.

Masalah printer satu ini memang seringkali membuat pengguna merasa jengkel, apalagi jika terjadi saat pengguna sedang terburu-buru.

Lalu bagaimana jika hal ini terjadi pada anda? Apa yang harus anda lakukan? Untuk bisa mengatasi masalah tersebut, maka pertama-tama anda wajib mengetahui terlebih dahulu apa saja penyebabnya.

4 Hal yang Jadi Pemicu Printer Sudah Ready Tapi Tidak Bisa Ngeprint

Berbicara soal masalah printer ready tapi tidak bisa ngeprint, memang ada banyak sekali hal yang bisa menjadi penyebabnya.

Berikut ini merupakan berbagai hal yang paling sering menjadi penyebab printer sudah ready namun tetap tidak bisa mencetak di kertas:

1. Terlalu banyak antrian dokumen untuk dicetak

Hal pertama yang paling sering menyebabkan printer sudah ready namun tetap tidak bisa mencetak adalah karena ada banyak antrian dokumen untuk dicetak.

Hal ini biasanya terjadi karena anda memerintahkan pencetakan berulang kali saat printer sedang tidak dalam kondisi hidup atau offline.

Ketika printer dalam kondisi online, maka printer akan mengalami error karena terlalu banyak perintah untuk mencetak dokumen.

2. Tinta yang sudah habis

Selain karena masalah banyaknya antrian dokumen untuk dicetak, printer menjadi tidak bisa mencetak juga karena tinta sudah habis.

Pada umumnya, printer memang akan memberikan peringatan setiap kali tinta sudah mendekati level minim.

Namun terkadang peringatan tersebut tidak muncul. Ketika peringatan tinta habis tersebut tidak muncul, maka biasanya pengguna akan kebingungan saat printer tiba-tiba tidak mau mencetak padahal sudah dalam kondisi ready.

3. Driver printer bermasalah dengan sistem operasi komputer ataupun laptop

Printer sudah ready namun tidak bisa mencetak juga bisa terjadi karena masalah driver. Driver printer terkadang memang bisa mengalami corrupt.

Selain itu, terkadang driver printer juga membutuhkan pembaruan pada beberapa versi sistem operasi komputer ataupun laptop.

Ketika ada masalah dengan driver, maka printer tetap tidak akan bisa mencetak meskipun statusnya sudah dalam kondisi ready.

4. File exe printer spooling di sistem operasi Windows error

Jika bukan masalah tinta yang habis ataupun banyak antrian dokumen, printer tidak bisa melakukan proses printing juga bisa terjadi karena adanya masalah pada file exe printer spooling.

Printer spooling adalah file exe yang mengatur kinerja printer pada sistem operasi Windows. Pada OS Windows 10, file ini seringkali mengalami error.

Ada banyak sekali alasan kenapa file exe ini mengalami error. Beberapa alasannya adalah karena printer digunakan secara bersama-sama di satu jaringan lokal ataupun karena adanya penurunan tegangan listrik.

Solusi Untuk Mengatasi Masalah Printer yang Sudah Ready Tapi Tidak Bisa Ngeprint

Jika sudah mengetahui apa saja yang biasa menjadi penyebab masalah printer ready tapi tidak bisa ngeprint, lalu bagaimana cara mengatasi masalah tersebut?

Berikut ini merupakan beberapa solusi yang bisa anda coba untuk mengatasi masalah printer yang tidak mau melakukan proses printing meskipun sudah dalam kondisi ready:

1. Hapus semua file antrian pada printer

Jika anda melihat ada logo printer pada pojok kanan bawah monitor saat mengalami masalah printer ngeprint, maka klik 2 kali pada logo tersebut. Setelah itu, hapus semua file yang sedang antri untuk dicetak pada printer anda.

Dengan menghapus file-file yang antri untuk dicetak di printer tersebut, maka printer akan langsung melakukan proses printing setelah anda menekan tombol print.

2. Cek dan isi tinta printer jika memang habis

Jika permasalahan yang menyebabkan printer tidak mau melakukan proses printing adalah karena tintanya yang habis, maka matikan terlebih dahulu printer tersebut.

Setelah itu, isi tinta printernya. Jika printer anda adalah printer dengan tabung tinta di bagian luar, maka anda bisa mengisi tintanya langsung.

Namun jika printer anda tidak menggunakan tabung tinta di bagian luar, maka anda bisa menyuntikkan tinta isi ulang langsung pada cartridge ataupun menggantinya dengan cartridge orisinil.

3. Restart komputer ataupun laptop anda

Bila memang penyebab printer tidak mau ngeprint adalah karena masalah file printer spooling yang error, maka anda bisa mengatasinya dengan cara yang cukup mudah.

Anda hanya perlu restart saja laptop ataupun komputer anda untuk memulai ulang file exe printer spooling yang error.

Sekarang sudah cukup paham bukan mengenai penyebab serta solusi masalah printer ready tapi tidak bisa ngeprint? Lalu apakah anda sudah bisa ngeprint sekarang?

Avatar Koran Fakta
KoranFakta

Baca Juga:   Daftar Alamat Apple Service Center Di Berbagai Daerah Indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.