Tekno  

Cara Screenshot di Laptop Windows dan Mac

Nih, yang masih pada bingung cara screenshot di laptop gimana? ikuti panduan beserta langkah-langkahnya dibawah ini.

Cara Screenshot di Laptop

Setiap perangkat laptop baik itu yang menggunakan sistem operasi Windows atau Mac pasti didukung dengan fitur screenshot. Oleh sebab itu cara screenshot di laptop Windows atau Mac bisa dilakukan tanpa perlu aplikasi pihak ketiga.

Sudah tersedia tombol keyboard yang bisa dimanfaatkan untuk melaksanakan fungsi screenshot laptop baik pada laptop dengan sistem operasi Windows atau pun Mac. Berikut informasi selengkapnya untuk Anda!

Cara Screenshot di Laptop Windows

Laptop dengan sistem operasi Windows sendiri terdiri atas beberapa jenis sistem operasi yang berbeda. Ada laptop dengan memanfaatkan sistem operasi Windows 7, 8 dan 10.

Namun untuk sekarang ini yang sudah paling banyak digunakan adalah Windows 10 karena memang jauh lebih interaktif dan memiliki fitur yang lebih kompleks dibandingkan Windows 7 dan 8.

Cara screenshot pada laptop dengan sistem operasi Windows secara umum sebagai berikut :

Screenshot dengan kombinasi tombol PrtSc

Untuk melakukan screenshot cukup tekan tombol PrtSc saja dan hasil tangkapan layar akan tersimpan di clipboard. Cara ini bisa juga diterapkan pada laptop dengan sistem operasi Windows 7 dan 8.

Screenshot menggunakan Alt + PrtSc

Selanjutnya Anda bisa menggunakan kombinasi tombol shortcut Alt + PrtSc. Tombol shortcut ini berfungsi untuk screenshot layar yang sedang aktif. Hasil tangkapannya nanti akan tersimpan pada clipboard dan bisa dipaste di aplikasi yang dibutuhkan misal di Word, Paint dan sebagainya.

Baca Juga:   Daftar Kode Bank Terlengkap 2022

Screenshot dengan kombinasi tombol Windows Key + Shift + S

Cara screenshot di laptop melalui Windows Key + Shift + S bisa dilakukan juga. Kombinasi tombol tersebut akan mengantarkan pengguna Windows ke aplikasi bawaan Windows bernama Snip & Sketch.

Dengan menekan shortcut tersebut, layar laptop akan meredup dan petunjuk mouse akan berubah. Anda pun bisa menentukan sendiri bagian layar mana yang akan discreenshot. Kemudian Anda bisa edit hasil tangkapan layar pada aplikasi Snip & Sketch dan menyimpannya dengan klik icon save.

Screenshot dengan kombinasi tombol Windows Key + PrtSc

Anda juga bisa mengombinasikan shortcut Windows Key + PrtSc. Kombinasi shortcut ini berfungsi untuk melakukan tangkapan keseluruhan layar. Anda pun bisa menggunakan kombinasi tombol lain seperti Fn + Windows + PrtSc.

Nantinya hasil tangkapan layar tersebut tersimpan sebagai foto pada folder Picture dengan sub folder Screenshots. Cara ini bisa diterapkan untuk screenshot laptop yang menggunakan windows 10, 7 dan 8.

Cara Screenshot di MacBook atau Mac OS

Bagi pengguna laptop berbasis Windows dengan pengguna MacBook atau MacOS tentu fitur – fitur dan fungsi keyboard juga berbeda, termasuk pemanfaatan fitur screenshot.

Cara screenshot pada MacBook atau MacOS sebagai berikut :

Baca Juga:   Cara Top Up OVO Via Bank Mandiri

Screenshot dengan kombinasi Shift + Command + 3

Kombinasi shortcut tersebut untuk screenshot dapat menangkap layar penuh pada MacBook. Kemudian Anda bisa melakukan penyuntingan hasil screenshot dengan klik gambar mini pada bagian sudut layar.

Screenshot dengan kombinasi Shift + Command + 4

Screenshot juga bisa dilakukan dengan kombinasi tombol Shift + Command + 4 di keyboard. Setelah Anda tekan tombol shortcut tersebut, tarik petunjuk bidik untuk Anda memilih area layar yang memang Anda ingin screenshot.

Jika petunjuk bidik ingin Anda pindahkan, tahan bar spasi dan tarik petunjuk bidik kemudian tentukan kembali area layar yang akan Anda screenshot.

Screenshot dengan kombinasi Shift + Command + 4 + bar spasi

Jika Anda ingin screenshot layar pada jendela tertentu maka Anda bisa gunakan kombinasi tombol Shirt + Command + 4 + spasi pada MacBook.

Itulah beberapa cara screenshot di laptop yang Anda bisa lakukan. Semoga menjadi informasi yang bermanfaat untuk pengguna Windows atau Mac.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.