Tekno  

Cara Mengatasi Google Drive Limit, Begini Tips dan Triknya!

Cara Mengatasi Google Drive Limit

Google Drive merupakan sebuah layanan penyimpanan awan yang sekarang menjadi solusi penyimpanan paling ideal. Namun jika file yang tersimpan sudah terlalu banyak dan banyak dilihat orang, maka Google Drive akan memberitahukan bahwa limitnya habis. Cara mengatasi Google Drive Limit yang habis seperti apa?

Bagi Anda yang punya banyak file dan data untuk dibagikan ke banyak orang dan tengah mengalami masalah limit ruang simpan yang habis di Google Drive, pada kesempatan kali ini kami akan bagikan cara mengatasinya untuk Anda!

Cara Mengatasi Google Drive Limit

Akses halaman preview file

Langkah pertama cara mengatasi google drive limit adalah Anda harus memastikan bahwa Google Drive Anda telah terhubung dengan akun Google. Jika sudah maka Anda bisa mengakses halaman file yang tersimpan di Google Drive. Apabila sebelumya Anda telah mencoba mengunduh sebuah file maka Anda dapat menemukan file tersebut pada halaman utama Google Drive.

Cara Mengatasi Google Drive Limit Akses Halaman Preview File

Anda dapat mengetik “drive.google.com” pada kolom pencarian di browser yang sedang Anda gunakan, selanjutnya tekan Enter. Kemudian Anda bisa mencari file yang akan diunduh, klik kanan file tersebut dan pilihlah opsi “Get shareable link”.

Cara Mengatasi Google Drive Limit Akses Halaman

Apabila telah muncul pesan “Link copied to clipboard”, segera buka tab baru dan tekan CTRL + V pada kolom pencarian dan tekan Enter. Namun, apabila Anda ingin mengunduh file dari sebuah situs maka Anda hanya perlu klik link tersebut dan Anda akan terhubung dengan  halaman preview.

Baca Juga:   2 Cara Kilat Unggah Video ke Google Drive: Simpan dengan Aman!

Membuat shortcut

Cara mengatasi google drive limit yang selanjutnya adalah dengan membuat shortcut. Shortcut merupakan salah satu ciri yang menunjukkan bahwa Anda sedang berada di halaman preview. Shortcut sendiri merupakan simbol yang memiliki bentuk menyerupai segitiga yang terdapat di pojok kanan atas. Simbol tersebut sebelumnya bernama “Add to My Drive”.

Fitur satu ini akan membantu file tersimpan ke halaman utama Google Drive Anda. Kemudian Anda dapat mengeceknya pada halaman “recent”.  Shortcut dapat dikatakan sebagai pembaruan dari Google yang membuat satu file yang tetap sama berada di cloud storage yang sama.

Tombol satu ini akan mengarahkan Anda ke lokasi file yang sebenarnya. Selain itu Anda bisa menyalin file tersebut dengan mengikuti langkah selanjutnya dibawah ini.

Buat file duplikat

Langkah selanjutnya Anda diharuskan untuk membuat file duplikat. Cara membuat file duplikatnya adalah dengan klik kanan dan kemudian pilih “Make a copy” atau jika dalam bahasa Indonesia artinya “membuat salinan”.

Terdapat dua catatan ketika Anda ingin membuat salinan dari file yakni yang pertama Anda harus memastikan bahwa kapasitas Google Drive Anda masih tersedia. Selanjtnya Anda harus menghapus beberapa data yang sudah tidak digunakan. Cara menghapus datanya sendiri Anda bisa mengecek “Trash” karena pada umumnya data yang terhapus akan disimpan ke sampah terlebih dahulu.

Baca Juga:   5 Langkah Efektif Membersihkan Google Drive: Ruang Penyimpanan Lebih Bebas!

Kedua, Anda harus memastikan bahwa file yang akan di duplikat memiliki izin untuk diduplikasi. Hal ini dikarenakan terdapat beberapa file tidak bisa bisa di copy karena si pemilik file telah membatasi izin dari file tersebut.

Unduh file

Jika Anda telah melakukan duplikasi file maka selanjutnya Anda bisa mengunduh file. Namun sebelum itu, Anda harus mengubah nama file yang original dengan adanya tambahan “Copy of”, namun isi file tersebut tetap sama. Kemudian klik kanan pada file dan klik opsi “Download”.

Cara Mengatasi Google Drive Limit Download

Apabila ukuran file yang akan di download melebihi 100 MB maka pada layar Windows akan muncul tulisan “Can’t scan file for viruses”. Namun Anda tetap bisa memilih tombol “Download Anyway” dengan demikian proses download akan berjalan.

Demikianlah ulasan mengenai cara mengatasi google drive limit. Semoga cara di atas dapat menjadi solusi terbaik mengatasi masalah Anda.

Avatar Koran Fakta
Editor Koran Fakta

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.