Manfaat dan Fungsi Internet Banking Bagi Nasabah

Manfaat dan Fungsi Internet Banking Bagi Nasabah

Ada banyak perusahaan perbankan di Indonesia mulai dari BRI, Mandiri, Panin, BCA, BNI dan masih banyak lagi. Semua perusahaan perbankan yang kredibel tersebut tentu memiliki layanan internet banking. Manfaat dan fungsi internet banking sendiri apa sih?

Di era digital sekarang ini, internet banking memberikan banyak manfaat bagi nasabah. Di sini kita akan menjelaskan detailnya untuk Anda!

Manfaat dan Fungsi Internet Banking Bagi Nasabah

Bisa diakses tanpa perlu download mobile banking

Manfaat dan Fungsi Internet Banking Bagi Nasabah

Fungsi internet banking bagi nasabah khususnya bagi mereka yang memiliki smartphone dengan memori RAM sempit adalah bisa mengakses beragam layanan dan fitur perbankan tanpa perlu download aplikasi.

Sebagaimana yang kita selama ini tahu bahwa kebanyakan perbankan menghadirkan layanan aplikasi mobile banking untuk mempermudah transaksi perbankan nasabah.

Namun bagi nasabah dengan smartphone bermemori RAM sempit, malas mendownload aplikasi karena dikhawatirkan terlalu banyak apps dan cache di smartphone, atau mungkin lebih suka menggunakan laptop daripada smartphone bisa menggunakan internet banking ini.

Dengan begitu semua layanan dan fitur perbankan tetap bisa diakses tanpa perlu pergi kemana – mana atau menyimpan mobile banking apps.

Melakukan transfer uang non tunai

Dengan menggunakan internet banking, nasabah tidak perlu repot – repot untuk pergi ke ATM atau bank dalam melakukan transfer uang.

Dengan fitur satu ini, nasabah hanya perlu login ke situs bank yang bersangkutan dan memasukkan nomor rekening tujuan serta nominal rupiah atau dolar yang akan ditransfer.

Jika sudah maka dalam hitungan menit uang tersebut akan cepat berpindah ke rekening yang dituju.

Mengecek saldo dan mutasi rekening

Manfaat dan Fungsi Internet Banking Bagi Nasabah
Man using online banking with credit card on touch screen device. Mobile banking. Digital and internet payments shopping on network connection. Bank login on a laptop screen. All on screen and credit card are design up.

Khususnya bagi seller atau pebisnis online yang aktivitas sehari – harinya dekat dengan transfer dan menerima transfer, mengecek saldo dan mutase secara berkala tentu sangat diperlukan. Mereka bisa memanfaatkan internet banking ini.

Baca Juga:   Cara Cek Kode Bank BTN Melalui Internet Banking Dan ATM Beserta Fungsinya

Dengan demikian nasabah tidak perlu pergi ke ATM terdekat dan hanya perlu memanfaatkan fasilitas yang disediakan oleh internet banking.

Melalui layanan ini juga nasabah dapat melakukan pengecekan melalui berbagai perangkat seperti laptop, tablet, atau gadget lainnya. Namun jangan lupa, setiap transaksi dengan internet banking mengharuskan adanya koneksi internet.

Menggunakan internet banking, nasabah juga dapat melihat data transaksi keuangan atau mutasi rekening dalam beberapa hari, minggu hingga bulan terakhir

Membayar tagihan bulanan

Anda yang punya cukup banyak tagihan dan malas membayar tagihan di kantor atau keluar rumah, bisa memanfaatkan layanan internet banking ini.

Adapun pembayaran tagihan yang bisa dilakukan melalui internet banking adalah tagihan listrik, air, telepon, biaya pendidikan, TV berlangganan hingga pembayaran pajak. Dengan demikian Anda dapat melakukan pembayaran tersebut tanpa harus datang ke tempat pembayaran seperti biasa.

Namun perlu Anda ketahui, setiap pembayaran tagihan tersebut harus terdaftar dan terhubung dengan bank. Pembayaran bulanan tersebut dapat di setting sesuai dengan keperluan dan kebutuhan nasabah. Dengan demikian pada saat jatuh tempo pembayaran debit saldo Anda akan berkurang untuk pembayaran secara otomatis.

Isi ulang pulsa elektrik

Manfaat dan Fungsi Internet Banking Bagi Nasabah

Fungsi internet banking juga bisa membantu nasabah untuk melakukan isi ulang pulsa elektrik. Pada umumnya pulsa elektrik digunakan untuk ponsel, modem hingga listrik, dengan fitur satu ini Anda dapat membelinya secara mudah karena adanya layanan yang dapat dipahami oleh calon pembeli pemula.

Pembelian pulsa elektrik satu ini telah didukung oleh kebanyakan operator seluler yang berada di Indonesia. Dengan demikian Anda tidak perlu untuk repot – repot datang ke outlet atau toko pulsa lagi untuk mengisi ulang pulsa elektrik.

Baca Juga:   2 Cara Download Aplikasi FacePlay APK di Android dan iOS Terbaru

Pulsa elektrik yang terdapat di internet banking sendiri memiliki harga yang selatif lebih murah, namun minimal pembelian pulsa elektrik adalah Rp 25.000.

Pembayaran e-Commerce

Apabila Anda berminat membeli tiket pesawat, hotel, barang barang elektronik, buku, aksesoris, perangkat games, games dan pembelian lainnya dapat Anda lakukan dengan menggunakan internet banking.

Pembayaran tersebut bisa dilakukan ke pihak – pihak e-commerce yang telah bekerja sama dengan pihak bank. Sedangkan untuk cara transaksinya, Anda dapat melihatnya pada akun Anda. Dengan demikian Anda bisa membeli beberapa tiket transpostasi dan beberapa keperluan dengan mudah dan cepat tanpa harus datang ke outlet tertentu.

Informasi kartu kredit

Manfaat dan Fungsi Internet Banking Bagi Nasabah

Informasi tagihan kartu kredit, informasi saldo, data transaksi hingga informasi lainnya dapat Anda lihat di internet banking. Kartu kredit tersebut tentunya kartu kredit yang telah diterbitkan oleh pihak bank. Untuk lebih jelasnya Anda dapat menanyakan ke pihak customer service.

Mengetahui program bank

Pada umumnya setiap Bank selalu menginformasikan kepada nasabah, apabila terdapat program – program baru seperti investasi, angsuran pinjaman, deposito dan beberapa program lainnya. Hal tersebut dapat Anda ketahui melalui situs resmi internet banking bank Anda.

Demikianlah ulasan mengenai manfaat dan fungsi internet banking yang dapat diketahui oleh nasabah. Semoga bermanfaat!

Avatar Koran Fakta
Editor Koran Fakta

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.