5 Cara Budidaya Cabe Yang Baik Dan Benar

Bagaimana cara agar tanaman cabe berbuah lebat? Bagaimana cara menanam cabe agar tumbuh subur? Penanaman cabai yang paling baik biasanya pada bulan apa? Berikut penjelasan tentang cara budidaya cabe yang baik dan benar.

Budidaya Cabe

Cabai termasuk salah satu bahan makanan yang selalu dicari utamanya bagi rumah tangga yang orang – orangnya pecinta pedas. Bagi mereka yang suka pedas, biasanya akan susah dan pusing ketika harga cabai naik. Oleh sebab itu banyak orang kemudian ingin belajar cara budidaya cabe sendiri.

Lantas, apakah budidaya cabai sendiri itu mudah dilakukan?

Baik cara budidaya cabe rawit atau cabe merah sebenarnya cara budidayanya cukup mudah. Hanya saja memang perlu dilakukan perawatan secara rutin agar tanaman tidak busuk sehingga hasil panennya juga memuaskan. Berikut kami ulas 5 cara budidaya cabe yang baik dan benar!

Cara Budidaya Cabe

Melakukan persiapan benih

Baik membudidayakan cabai rawit atau cabe merah semuanya sama. Cara budidaya cabe merah yang baik dan benar juga perlu memperhatikan benih yang disiapkan. Pastikan Anda menyiapkan benih terbaik yang didapatkan dari bibit cabai berkualitas.

Baca Juga:   4 Cara Budidaya Maggot BSF Untuk Pemula

Kalau sudah diambil, biji tersebut kemudian dijemur sampai benar – benar kering. Jika Anda ingin lebih praktis, Anda bisa langsung melakukan pembelian bibit cabai di toko pertanian karena di sana kualitas biji atau benih yang disediakan sudah sangat mumpuni.

Melakukan penaburan benih

Setelah benih disiapkan, kemudian benih disemaikan. Proses penyemaian ini dilakukan dengan memanfaatkan polybag kecil. Langkah – langkah penyemaian lebih tepatnya sebagai berikut :

  • Siapkan polybag
  • Tambahkan tanah dan pupuk kandang sebagai media semai dengan perbandingan 3 : 1
  • Letakkan polybag yang sudah diisi tanah dan pupuk kandang di tempat yang sudah dipastikan aman
  • Kalau sudah satu minggu, rendam bibit dalam air hangat
  • Tempatkan benih ke dalam polybag kurang lebih 1 cm kemudian tutup dengan tanah
  • Tunggu sampai benih berkecambah
  • Setelah kecambahnya muncul, mulailah perkenalkan sinar matahari dengan cara dijemur langsung
Baca Juga:   7 Warna Rute KRL Jabodetabek Beserta Cara Untuk Mencek Rute KRL

Proses dan cara tepat menanam cabai

Bibit cabai yang baru siap dipindahkan setelah kurang lebih 4 minggu lamanya. Sembari menunggu waktu tersebut, baiknya Anda mulai melakukan persiapan lahan yang digunakan untuk bercocok tanam.

Pastikan lahan tersebut memiliki tanah yang subur, berhumus dan kaya dengan sumber nutrisi. Kemudian gemburkan tanahnya dengan menggunakan pupuk yang berkualitas. Pastikan tempat untuk menanam cabainya mendapatkan cakupan sinar matahari cukup.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.