3 Teknik Dasar Guling Lenting yang Harus Diketahui Atlet Pemula

Guling Lenting

Hallo, Sobat Koranfakta, Selamat datang di artikel kami yang membahas tentang teknik dasar guling lenting yang sangat penting bagi atlet pemula. Guling lenting adalah salah satu gerakan dasar dalam senam lantai yang sering diajarkan pada tahap awal latihan. Gerakan ini tidak hanya membantu mengembangkan kelenturan tubuh, tetapi juga meningkatkan koordinasi dan kekuatan otot. Dalam artikel ini, kita akan membahas tiga teknik dasar guling lenting yang harus diketahui oleh setiap atlet pemula. Mari kita mulai!

1. Teknik Dasar Guling Depan (Forward Roll)

Guling depan adalah salah satu gerakan dasar dalam senam lantai yang sering kali menjadi langkah pertama dalam belajar guling lenting. Teknik ini melibatkan gerakan menggulung tubuh ke depan dari posisi jongkok atau berdiri, dan kembali ke posisi jongkok atau berdiri.

Persiapan dan Posisi Awal

Sebelum memulai guling depan, pastikan Sobat Koranfakta berada di permukaan yang empuk dan aman, seperti matras senam. Berdirilah dengan kaki sedikit terbuka, tekuk lutut, dan letakkan tangan di lantai di depan kaki. Pastikan tangan dan jari-jari terbuka lebar untuk mendistribusikan berat tubuh dengan baik.

Pelaksanaan Gerakan

Dari posisi awal, dorong tubuh ke depan dengan bantuan tangan. Saat tubuh mulai menggulung, tarik dagu ke dada dan pastikan punggung melengkung dengan baik. Biarkan bahu menyentuh lantai terlebih dahulu diikuti oleh punggung atas, punggung bawah, dan akhirnya panggul. Pastikan kaki tetap rapat dan lutut ditekuk saat menyelesaikan guling.

Penyelesaian

Setelah melewati titik paling bawah dari guling, gunakan momentum untuk kembali ke posisi jongkok atau berdiri. Latihan ini memerlukan beberapa kali percobaan untuk mendapatkan kelancaran gerakan, jadi bersabarlah dan terus berlatih.

Baca Juga:   Membentuk Tubuh Ideal dengan Olahraga Muay Thai: 7 Manfaat yang Mengesankan

2. Teknik Dasar Guling Belakang (Backward Roll)

Guling belakang merupakan kebalikan dari guling depan, di mana tubuh menggulung ke arah belakang. Teknik ini penting untuk mengembangkan keseimbangan dan kelenturan belakang tubuh.

Persiapan dan Posisi Awal

Mulailah dari posisi duduk dengan kaki ditekuk dan telapak kaki di lantai. Letakkan tangan di samping telinga dengan telapak tangan menghadap ke atas. Pastikan leher dalam posisi rileks dan tidak tegang.

Pelaksanaan Gerakan

Dengan menggunakan otot perut, dorong tubuh ke belakang. Saat punggung mulai menyentuh lantai, segera dorong dengan tangan untuk melindungi kepala dan leher. Biarkan punggung bagian bawah dan panggul menyentuh lantai terlebih dahulu diikuti oleh punggung atas dan bahu. Kaki tetap rapat dan lutut ditekuk saat menggulung.

Penyelesaian

Setelah mencapai posisi belakang, gunakan tangan untuk mendorong tubuh kembali ke posisi duduk atau berdiri. Gerakan ini mungkin terasa menantang pada awalnya, tetapi dengan latihan, Sobat Koranfakta akan merasa lebih nyaman dan stabil.

3. Teknik Dasar Guling Lenting (Handstand Roll)

Guling lenting adalah kombinasi dari teknik handstand dan guling depan, di mana tubuh menggulung ke depan setelah mencapai posisi handstand. Teknik ini menuntut keseimbangan dan kekuatan yang baik, serta koordinasi yang tepat.

Persiapan dan Posisi Awal

Mulailah dari posisi berdiri dengan tangan di atas kepala. Angkat satu kaki dan dorong tubuh ke atas hingga mencapai posisi handstand. Pastikan tangan tegak lurus dengan bahu dan tubuh lurus dari tangan hingga kaki.

Pelaksanaan Gerakan

Setelah mencapai posisi handstand, mulailah menggulung dengan menekuk siku dan membawa kepala ke arah lantai. Saat kepala mulai menyentuh lantai, biarkan tubuh menggulung ke depan seperti dalam teknik guling depan. Gunakan tangan untuk mengarahkan gerakan dan pastikan punggung tetap melengkung.

Baca Juga:   5 Bahaya Olahraga Berlebihan: Dampaknya pada Insomnia

Penyelesaian

Gunakan momentum dari guling untuk kembali ke posisi jongkok atau berdiri. Latihan ini memerlukan kekuatan dan keberanian, jadi pastikan untuk berlatih dengan hati-hati dan di bawah pengawasan instruktur yang berpengalaman.

Kesimpulan

Menguasai teknik dasar guling lenting sangat penting bagi atlet pemula dalam senam lantai. Ketiga teknik ini—guling depan, guling belakang, dan guling lenting—membantu mengembangkan keseimbangan, kekuatan, dan koordinasi tubuh. Dengan latihan yang konsisten dan bimbingan yang tepat, Sobat Koranfakta akan mampu menguasai gerakan-gerakan ini dengan baik. Jangan lupa untuk selalu berlatih di tempat yang aman dan dengan matras yang memadai untuk menghindari cedera.

Disclaimer

Artikel ini disusun untuk memberikan panduan umum mengenai teknik dasar guling lenting dalam senam lantai. Hasil latihan dapat bervariasi tergantung pada kondisi fisik dan kesehatan individu. Disarankan untuk berlatih di bawah bimbingan instruktur profesional dan selalu memperhatikan keselamatan selama latihan.

Terima kasih telah membaca artikel ini, Sobat Koranfakta. Selamat berlatih dan semoga berhasil!

Baca Juga Berita Terbaru Lainnya di Google New

Avatar Koran Fakta
Editor Koran Fakta

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.