News  

Pilihan Anda Sudah Tepat, Berikut Gaji BUMN Di Indonesia Tahun 2023

Gaji BUMN
contoh beberapa perusahan bumn / foto: sekretariat kabinet

Badan Usaha Milik Negara (BUMN) adalah perusahaan yang dimiliki oleh pemerintah Indonesia. Maka, seluruh kebijakan dan tindakan perusahaan termasuk Gaji BUMN ditentukan oleh pemerintah yang bertujuan untuk mencapai tujuan nasional yang sudah ditetapkan. BUMN dibentuk dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dan memperkuat posisi pemerintah dalam perekonomian nasional.

Peran BUMN dalam pemerintah sangat penting, karena BUMN dapat membantu pemerintah dalam memenuhi kebutuhan masyarakat dan memberikan sumbangan terhadap perekonomian negara. BUMN juga dapat membantu pemerintah dalam memenuhi kewajiban sosial, seperti membantu pemerintah dalam memenuhi kebutuhan air bersih, listrik, dan transportasi bagi masyarakat.

BUMN juga memegang peran penting dalam masyarakat, karena BUMN dapat membantu masyarakat dalam mengatasi masalah sosial dan ekonomi. BUMN dapat membantu masyarakat dengan memberikan lapangan kerja, membantu pemerintah dalam memenuhi kebutuhan masyarakat, dan membantu pemerintah dalam membangun infrastruktur yang diperlukan oleh masyarakat.

Namun, BUMN juga harus memperhatikan prinsip-prinsip korporasi dan memastikan bahwa kepentingan pemegang saham dan stakeholder lainnya terpenuhi. Oleh karena itu, BUMN harus memastikan bahwa tindakan-tindakannya selalu berorientasi pada kepentingan masyarakat dan perekonomian nasional.

BUMN harus memastikan bahwa tindakan-tindakannya selalu berorientasi pada kepentingan masyarakat dan perekonomian nasional, dan harus memperhatikan prinsip-prinsip korporasi untuk memastikan bahwa kepentingan pemegang saham dan stakeholder lainnya terpenuhi.

Beberapa Perusahaan Yang Merupakan BUMN

Badan Usaha Milik Negara (BUMN) adalah perusahaan yang dimiliki dan dikontrol oleh pemerintah Indonesia. Terdapat beberapa jenis perusahaan yang termasuk dalam BUMN, seperti perusahaan jasa, perusahaan barang, dan perusahaan campuran. Berikut adalah beberapa perusahaan yang termasuk dalam BUMN:

  1. Perusahaan Jasa: Perusahaan jasa seperti PT PLN (Persero), PT Telekomunikasi Indonesia (Telkom), dan PT Garuda Indonesia adalah contoh perusahaan jasa yang termasuk dalam BUMN.
  2. Perusahaan Barang: Perusahaan barang seperti PT Pertamina, PT Krakatau Steel, dan PT Aneka Tambang adalah contoh perusahaan barang yang termasuk dalam BUMN.
  3. Perusahaan Campuran: Perusahaan campuran seperti PT Bank Negara Indonesia (BNI), PT Bank Mandiri, dan PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) adalah contoh perusahaan campuran yang termasuk dalam BUMN.
  4. Perusahaan Infrastruktur: Perusahaan infrastruktur seperti PT Wijaya Karya, PT Adhi Karya, dan PT Jasa Marga adalah contoh perusahaan infrastruktur yang termasuk dalam BUMN.
  5. Perusahaan Pertambangan: Perusahaan pertambangan seperti PT Freeport Indonesia, PT Inalum (Persero), dan PT Timah (Persero) adalah contoh perusahaan pertambangan yang termasuk dalam BUMN.
  6. Perusahaan Pelayaran: Perusahaan pelayaran seperti PT Pelabuhan Indonesia III (Persero), PT Pelabuhan Indonesia IV (Persero), dan PT Pelabuhan Indonesia V (Persero) adalah contoh perusahaan pelayaran yang termasuk dalam BUMN.
Baca Juga:   Meningkatkan Kinerja Karyawan: 5 Strategi Efektif yang Wajib Dicoba

Perusahaan-perusahaan di atas hanya sebagian dari perusahaan BUMN yang ada di Indonesia. Semua perusahaan BUMN harus memenuhi standar dan prinsip-prinsip korporasi yang berlaku, serta bertanggung jawab untuk memperkuat posisi pemerintah dalam perekonomian nasional dan memenuhi kebutuhan masyarakat.

Perusahaan BUMN memegang peran yang sangat penting dalam perekonomian nasional dan masyarakat. Oleh karena itu, pemerintah harus memastikan bahwa perusahaan BUMN dikelola dengan baik dan profesional untuk memastikan bahwa perusahaan tersebut dapat memenuhi tujuan nasional dan memberikan manfaat bagi masyarakat.

Kisaran Gaji BUMN Bagi Karyawan

Berikut adalah kisaran gaji BUMN dari perusahaan yang terdapat di Indonesia yang di terima oleh karyawanya:

  1. PT PLN (Persero) Gaji yang diterima karyawan PT PLN berkisar antara Rp 4 juta hingga Rp 10 juta per bulan, tergantung pada posisi dan tahun kerja.
  2. PT Kereta Api Indonesia (Persero) Gaji karyawan PT Kereta Api Indonesia berkisar antara Rp 4 juta hingga Rp 8 juta per bulan, tergantung pada posisi dan tahun kerja.
  3. PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk Gaji karyawan PT Bank Negara Indonesia berkisar antara Rp 5 juta hingga Rp 15 juta per bulan, tergantung pada posisi dan tahun kerja.
  4. PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk Gaji karyawan PT Garuda Indonesia berkisar antara Rp 5 juta hingga Rp 10 juta per bulan, tergantung pada posisi dan tahun kerja.
  5. PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk Gaji karyawan PT Telekomunikasi Indonesia berkisar antara Rp 5 juta hingga Rp 10 juta per bulan, tergantung pada posisi dan tahun kerja.
  6. PT Pertamina (Persero) Gaji karyawan PT Pertamina berkisar antara Rp 5 juta hingga Rp 10 juta per bulan, tergantung pada posisi dan tahun kerja.
  7. PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Gaji BUMN karyawan PT Pelabuhan Indonesia berkisar antara Rp 4 juta hingga Rp 8 juta per bulan, tergantung pada posisi dan tahun kerja.
Baca Juga:   Cara Cek Kode Mandiri Melalui ATM, Beserta Kode Bank Selain Mandiri

Sebagai perusahaan yang dimiliki oleh pemerintah, perusahaan BUMN biasanya menawarkan gaji yang lebih baik dan kompetitif dibandingkan dengan perusahaan swasta sejenis. Namun, tingkat gaji yang diterima oleh karyawan BUMN juga dipengaruhi oleh faktor lain seperti posisi dan tahun kerja.

In conclusion, gaji yang diterima oleh karyawan BUMN sangat bervariasi dan tergantung pada perusahaan dan posisi yang diambil. Namun, umumnya gaji yang diterima karyawan BUMN lebih baik dan dapat menjadi pilihan yang tepat bagi para pencari pekerjaan khususnya di perusahaan yang ber plat merah tersebut.

Avatar Koran Fakta
Editor Koran Fakta

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.