News  

Inilah Gaji Presiden Di Berbagai Negara, Nomor 4 Bikin Anda Kaget!

gaji presiden
gaji presiden dan gaji wakil presiden / foto : liputan6.com

Sebelum kita membahas berapa gaji Prersiden ada baiknya kita pahami dulu siapa Presiden serta apa tanggung jawabnya. Presiden adalah pemimpin negara yang dipilih melalui proses pemilihan umum. Memegang kekuasaan eksekutif dan bertanggung jawab untuk menjalankan pemerintahan negara. Di beberapa negara, presiden juga memegang kekuasaan legislatif dan yudikatif.

Tugas utama Presiden adalah menjalankan pemerintahan negara dan melaksanakan kebijakan yang telah ditetapkan. Salah satu tugas Presiden adalah mengepalai suatu negara termasuk dalam struktur kepemerintahanya.

Presiden merupakan komandan tertinggi angkatan bersenjata suatu negara yang bertanggung jawab penuh terhadap keselamatan serta keamanan negara yang di pimpinnya melalui para komandan angkatan bersenjata sesuai dengan teroteri tugas militernya

Di samping menjalankan roda pemerintahan melalui perangkat pembantu setingkat mentri serta merupakan pucuk pimpinan tertinggi kemiliteran suatu negara, presiden juga memiliki peran penting dalam perekonomian suatu negara melalui kebijakan-kebijakan politiknnya.

Sejarah Presiden Dibeberapa Belahan Dunia

Sejarah Presiden dimulai pada abad ke-18, ketika dimana negara-negara barat mulai mengadopsi sistem pemerintahan yang dikenal sebagai Republik.

image 27
Presiden pertama Amerika Sekitat George Washington / foto : zonautara.com

Di Amerika Serikat, diangkat sebagai Presiden pertama pada tahun 1789. George Washington menjabat selama dua periode dan dikenal sebagai “Bapak Bangsa” karena perannya dalam membangun negara baru.

image 28
Presiden pertama Napoleon Bonaparte yang kemudian di angkat menjadi Kaisar / foto : kompas.com

Di Prancis, Napoleon Bonaparte diangkat sebagai Presiden pertama pada tahun 1799, kemudian diangkat menjadi Kaisar pada tahun 1804. Ia dikenal sebagai pemimpin yang kuat dan berpengaruh dalam sejarah Prancis dan Eropa.

image 29
Presiden pertama Rusia pada tahun 1991 setelah runtuhnya Uni Soviet. / foto : merdeka

Di Rusia, Boris Yeltsin diangkat sebagai Presiden pertama pada tahun 1991 setelah runtuhnya Uni Soviet.  Boris Yeltsin memimpin Rusia dalam transisi menuju sistem pemerintahan demokrasi.

image 30
Presiden pertama Indonesia dan Presiden kedua Indonesia, Ir. Soekarno dan Soeharto / foto : tvonenews.com

Di Indonesia sendiri Ir Soekarno adalah Presiden pertama Republik Indonesia , yang menjabat sebagai Presiden dari tahun 1945 hingga 1967. Beliau merupakan salah satu tokoh yang menjadi pemimpin dalam proses kemerdekaan Indonesia dari Belanda dan menjabat sebagai Presiden saat Indonesia merdeka pada tahun 1945. Beliau juga dikenal sebagai Bapak Proklamator dan Bapak Bangsa Indonesia.

Baca Juga:   71 Daftar Pinjol Ilegal Pada Agustus 2022

Beda halnya dengan Soekarna, Soeharto selaku Presiden Indonesia ke-2, yang menjabat dari tahun 1967 sampai 1998 merupakan presiden terlama dalam sejarah Indonesia yakni lebih dari 30 tahun menjabat sebagai Presiden Republik Indonesia.

Soeharto dikenal sebagai pemimpin yang keras dan berkuasa, akan tetapi beliau bisa dikatakan sukses dalam program pembangunan ekonomi Indonesia selama kepemimpinanya walapun banyak lawan politiknya yang menentang setiap kebijakanya karna banyak yang mengarah kepada tindakan korupsi yang meluas selama masa kepemerintahanya.

Pada tahun 1998, Soeharto mengundurkan diri setelah tekanan dari rakyat Indonesia serta internasional setelah semakin meningkatnya tekanan serta desakan untuk pengunduran dirinya sebagai Presiden Republik Indonesia.

image 31
Presiden Jokowidodo / foto : kompas.com

Lantas Berapakah Gaji Presiden ?

Mengutip Undang-Undang (UU) Nomor 7 Tahun 1978 tentang Hak Keuangan Administratif Presiden dan Wakil Presiden, gaji Presiden Indonesia ditetapkan sebesar 6 kali gaji pokok tertinggi pejabat negara selain presiden dan wakil presiden. Sedangkan untuk gaji wakil Presiden sendiri di tetapkan 4 kali gaji pokok tertinggi pejabat negara selain Presiden dan wakil Presiden.

Sebagaimana yang telah di tentukan, gaji pejabat negara non presiden dan wakilnya seperti Ketua DPR dan Ketua MPR yakni dikisaran Rp 5.500.000 per bulan

Maka perhitungan gaji Presiden adalah 6 kali dari gaji pejabat tertinggi negara setingkat Ketua DPR atau Ketua MPR yaitu sekitar Rp 33.000.000,- per bulan.

Sementara untuk gaji Wakil Presiden adalah 4 kali dari gaji pejabat tertinggi negara setingkat Ketua DPR atau Ketua MPR yaitu sekitar Rp 22.000.000,- per bulan

Tunjangan Presiden

Tunjangan Presiden adalah sekitar Rp 33.000.000,- per bulan sedangkan untuk Wakil Presiden sekitar Rp 23.000.000,- per bulan.

Baca Juga:   Profil Karier Kapolda Jambi Rusdi Hartono, Perjalanan dan Prestasi Sang Perwira Tinggi Polri

Maka jika di total adalah :

  • Gaji Presiden beserta tunjanganya adalah sekitar Rp 66.000.000,- per bulan, sedangkan
  • Gaji Wakil Presiden beserta tunjanganya adalah sekitar Rp 45.000.000,- per bulan.

Secara jumlah gaji Presiden Indonesia kalah jauh jika dibandingkan dengan negara tetangga kita seperti :

  • Gaji Presiden di Singapura mencapai US$ 1,4 juta atau Rp 19,8 miliar
  • Gaji Presiden Malaysia sekitar US$ 263 ribu atau Rp 3,7 miliar.
  • Sultan Brunei Darussalam Hassanal Bolkiah sekitar US$ 1.986.768.000 setara Rp 28,3 triliun.
  • Raja Thailand, Maha Vajiralongkorn tercatat mengantongi penghasilan sekitar US$ 84.000.000 setara Rp 1,1 triliun.

Selain gaji, Presiden juga diberi fasilitas perlindungan yang diberikan negara diantaranya :

  • Keamanan di lingkungan sekitar Presiden, termasuk pengawasan yang ketat di area yang dikunjungi presiden.
  • Pemeriksaan yang ketat bagi siapa saja yang akan bertemu dengan Presiden.
  • Penggunaan detail keamanan yang terlatih untuk mengawasi Presiden saat bepergian.
  • Penggunaan teknologi pengamanan seperti sistem deteksi bahaya dan sistem komunikasi yang aman.
  • Penyediaan rute evakuasi darurat untuk presiden dalam kondisi darurat.
  • Dll

Demikian yang bisa kami sampaikan semoga bermanfaat.

Terimakasih

sumber : liputan6.com

Avatar Koran Fakta
A EN

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.