Dunia  

Perayaan Natal di Ukraina 2022 Tanpa Cahaya

Perayaan Natal

Perayaan Natal di ukraina tahun lalu, begitu gemerlap lampu-lampu dan pohon Natal besar menghiasi Sophia Square di Kiev. Tapi pada perayaan Natal tahun ini, cahaya itu redup. Di alun-alun kota itu berdiri hanya sebatang pohon yang sederhana memancarkan cahaya lampu biru dan kuning. 

Perayaan Natal Tanpa Cahaya

Dalam waktu beberapa bulan terakhir, Negara Rusia telah menargetkan infrastruktur dan energi, yang bertujuan untuk memotong alur arah listrik dan pemanas ke Ukraina di tengah musim dingin melanda. Pemerintahan Ukraina berusaha bergerak secepat mungkin untuk memulihkan jaringan arus listrik.

Tapi pihak berwenang telah memberlakukan beberapa pembatasan dan pemadaman arus listrik terjadwal. Dengan pemadaman yang bergilir tersebut, tidak ada satupun kota yang secara tradisional berkilauan selama perayaan Natal.

Wali Kota Kiev, Vitali Klitschko, resmi mengumumkan untuk pemasangan pohon Natal diwilayah Sophia Square. Pohon itu diberi julukan “Pohon Yang Tak Terkalahkan”.

“Pohon Yang Tak Terkalahkan” sudah diresmikan pada tanggal 19 Desember yang lalu, pada hari yang sama ketika Rusia menargetkan dan melancarkan serangan pesawat tak berawak terhadap kota Kiev. Serangan itu hanya bertujuan untuk merusak fasilitas pembangkit listrik, dan tidak menyebabkan pemadaman secara menyeluruh di kota.

Saat asap mengepul dari salah satu infrastruktur listrik tak lama menyusul serangan lanjutan dari pesawat tak berawak Rusia menuju wilayah Kyiv, Ukraina, pada hari Senin, 19/12/2022. Pada waktu beberapa bulan terakhir, Negara Rusia mulai kembali menargetkan infrastruktur energi yang bertujuan untuk memutus aliran arus listrik dan pemanas ke Ukraina, seiring dengan tibanya musim dingin yang membekukan.

Baca Juga:   RI: Masjid Al-Aqsha Membutuhkan Perlindungan Internasional Seperti Rusia Invasi Ukraina

Pada tahun sebelumnya, cahaya ribuan bola lampu menghiasi Sophia Square dan juga di iringi alunan musik. Biasanya, orang-orang yang berdatangan ke alun-alun membawa keceriaan pada perayaan natal. Tapi kali ini hanya satu-satunya suara yang berisik di alun-alun adalah suara generator yang menyalakan cahaya lampu pohon setinggi 12 meter.  Di ujung pohon itu tidak ada bintang yang menempel, melainkan lambing trisula, yakni simbol Ukraina.

Sebelum pemerintah Kiev memberikan perintah untuk pemasangan pohon natal itu, ada sedikit beberapa perdebatan mengenai apakah pemasangan pohon itu tepat untuk dilakukan di tengah terjadinya tragedi dan perang pada saat ini.  Perundingan yang serupa terjadi di seluruh negeri, dan ada beberapa wilayah untuk memutuskan tidak akan memasang pohon natal. Namun untuk sekarang, beberapa orang sangat menyukai inisiatif pemasangan pohon natal tersebut.

Keramaian orang yang sedang merayakan Malam Tahun Baru pada 31/12/2021 yang lalu di alun-alun Sophia dengan pohon Natal yang menyala dan pasar liburan dengan Katedral St. Sophia, di Kyiv, Ukraina.

Baca Juga:   Pre-Release: Tower of Fantasy Umumkan Rilis Secara Global Pada Bulan Agustus 2022

Banyak di antara kota-kota lain yang juga memutuskan untuk memasang pohon Natal adalah wilayah Kharkiv, memiliki kota terbesar kedua di Ukraina yang selama berbulan-bulan berada di tepi garis terdepan dan terus-menerus terkena dampak serangan oleh rudal Rusia.  Di wilayah kota itu, penempatan pohon Natal itu tidak berada di alun-alun, melainkan berada di dalam stasiun kereta bawah tanah utama.

Bagi sebagian penduduk Ukraina, yang sangat sulit untuk merayakan perayaan apa pun pada Natal tahun kali ini.

Nah, itulah sedikit ulasan mengenai perayaan natal di ukraina 2022 tanpa ada penerangan cahaya yang memeriahkan perayaan natal kali ini. Pastikan jangan sampai terlewatkan mengenai update an berita news lainnya di website kami.

Baca Juga Berita Terbaru Lainnya di Google New

Avatar Koran Fakta
Editor Koran Fakta

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.