Dunia  

5 Crazy Rich Ukraina Yang Mengalami Kerugian Besar Hingga Triliunan Rupiah

Crazy Rich Ukraina Yang Mengalami Kerugian Besar
Illustrasi: kompas.com/global

Ukraina sejak 28 Februari 2022 benar-benar berdampak nyata. Tidak hanya menyebabkan ribuan kematian, tetapi perang juga menyebabkan kemerosotan ekonomi di kedua negara. Di Ukraina sendiri, banyak infrastruktur dan industri miliarder telah rusak akibat perang. Dari sini kemudian para crazy rich Ukraina mengalami kerugian besar hingga triliunan rupiah.

5 Crazy Rich Ukraina Yang Mengalami Kerugian Besar Hingga Triliunan Rupiah

Dikutip dari Forbes, perkiraan kekayaan gabungan Crazy Rich Ukraina yang hilang akibat perang adalah 11,9 miliar dolar AS atau sekitar Rp. 170 triliun. Secara kolektif, jumlah kekayaan ini turun 9,7 miliar dolar AS, atau 45 persen dari tahun lalu, tepat sebelum Rusia melancarkan invasi. Berikut adalah daftar Crazy Rich Ukraina yang mengalami kerugian besar hingga penurunan kekayaan setelah invasi Rusia:

 Rinat Akhmetov Crazy Rich Ukraina

  • Kekayaan bersih: 4,2 miliar dolar AS
  • Sumber kekayaan: baja, batu bara
  • Perubahan sejak invasi: -4,3 miliar dolar AS

Perlu dicatat bahwa Rinat memiliki beberapa saham di berbagai perusahaan, yang terbesar di perusahaan pertambangan dan baja Metinvest Group, salah satu perusahaan swasta terbesar di Ukraina. Selama perang, Pabrik Metinvest di Mariupol rusak parah. Dari sini perusahaan menyatakan force majeure dan juga mengajukan gugatan terhadap Rusia. Tidak hanya Pabrik Metinvest yang hancur, Rinat juga mengalami kerugian besar akibat hancurnya perusahaan energi DTEK yang dibom oleh Rusia pada 22 Februari lalu.

Baca Juga:   9 Cara Belajar Bahasa Jerman Otodidak, Langsung Lancar!

Victor Pinchuk Crazy Rich Ukraina

  • Kekayaan bersih: 1,9 miliar dolar AS
  • Sumber kekayaan: pipa, baja, dll.
  • Penurunan sejak invasi: -700 juta dolar AS

Perlu dicatat bahwa sebagian besar kekayaan Pinchuk berasal dari Interpipe, produsen produk baja yang ia dirikan pada tahun 1990. Pada akhir Februari 2022, Interpipe telah menghentikan kegiatan produksi dan ekspor ketika Rusia memulai invasi militernya.

Konstantin Zhivago Crazy Rich Ukraina

  • Kekayaan bersih: 1,3 miliar dolar AS
  • Sumber kekayaan: pertambangan
  • Penurunan sejak invasi: -800 juta dolar AS

Zhevago adalah seorang pengusaha yang memiliki saham mayoritas di perusahaan pertambangan Ferrexpo. Sayangnya, perusahaan yang diluncurkan di London Stock Exchange pada 2007 itu harus menyatakan force majeure pada 25 Februari akibat invasi Rusia. Meskipun kegiatan penambangan dan pengolahan masih beroperasi, kerugian tidak dapat dihindari.

Henadiy Boholyubov Crazy Rich Ukraina

  • Kekayaan bersih: 1,1 miliar dolar AS
  • Sumber kekayaan: perbankan, investasi
  • Penurunan sejak invasi: -900 juta dolar AS

Pada awal 1990-an dengan sesama miliarder Ihor Kolomoyskyy, Boholyubov mendirikan PrivatBank dengan modal 1 juta dolar AS. Sekarang bank komersial terbesar di Ukraina dan Grup Swasta milik Boholyubov sedang berjuang karena invasi militer Rusia.

Baca Juga:   10 Daftar Negara Maju Di Tahun 2022

Ihor Kolomoyskyy Crazy Rich Ukraina

  • Kekayaan bersih: 1 miliar dolar AS
  • Sumber kekayaan: perbankan, investasi
  • Penurunan sejak invasi: -800 juta dolar AS

Terakhir, miliuner atau Ukaina kaya raya yang harus merugi ratusan juta dolar AS akibat invasi militer Rusia adalah Ihor Kolomoyskyy. Sebagian kekayaan Ihor sendiri berasal dari investasi bahan bakar fosil dan saham di perusahaan-perusahaan di industri baja, besi, dan kimia. Selain itu, Ihor juga memiliki bisnis distribusi listrik, pelabuhan laut, dan operasi penambangan Bitcoin.

Itulah lima orang kaya atau miliuner gila asal Ukraina yang harus merugi ratusan juta dolar akibat invasi militer Rusia. Dari sini, kita harus semakin sadar bahwa perang tidak ada gunanya dan hanya akan menimbulkan kerugian.

Begitulah yang terjadi setelah invasi rusia. Mengakibatkan penurunan kekayaan, sangat berdampak kepada para Crazy Rich Ukraina Yang Mengalami Kerugian Besar Hingga Triliunan Rupiah.

Avatar Koran Fakta
Editor Koran Fakta

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.