Perkembangan Rupiah Hari Ini Per Juli 2022

Berapa 1 dollar kalau dirupiah kah? Apakah rupiah mulai melamah? Berikut penjelasannya mengenai perkembangan rupiah hari ini per juli 2022.

Rupiah

Setelah mengalami penguatan beberapa hari yang lalu, rupiah hari ini pada tanggal 1 Juli 2022 berangsur – angsur melemah. Para pakar bahkan menyebutkan bahwa resiko rupiah mengalami stagflasi akan terjadi.

Apa yang dimaksud dengan stagflasi?

Stagflasi merupakan suatu kondisi ekonomi yang ditandai dengan perubahan ekonomi yang mengalami pelemahan dan angka pengangguran yang tinggi. Pada kondisi ini juga terjadi penurunan produk domestik bruto atau PDB. Berikut informasi rupiah hari ini di tengah kondisi stagflasi yang terjadi!

Rupiah Hari Ini

Rupiah hari ini tepatnya pada tanggal 1 Juli 2022 terpantau 1 dolar = Rp 14.849,50. Dengan nilai tersebut, Indonesia dikategorikan sedang mengalami stagflasi. Kondisi ini jika terjadi terus menerus berdampak buruk bagi perekonomian.

Angka pengangguran berpotensi akan mengalami kenaikan tajam dimana hal tersebut tentu akan berdampak pada menurun atau melemahnya daya beli masyarakat. Seiring berjalannya waktu uang masyarakat tidak akan memiliki nilai  yang berarti lagi.

Baca Juga:   Daftar Nomor Telepon Penting Wilayah Kalimantan Tengah

Di Indonesia, stagflasi terjadi beberapa kali. Terakhir, stagflasi terjadi akibat adanya covid-19 yang mengakibatkan daya beli menurun dan banyak lapisan masyarakat mengalami kesulitan. Kemudian hal tersebut berdampak terhadap penurunan nilai ekonomi masyarakat dan berakhir pada kenaikan harga – harga yang memicu inflasi.

Lantas apa sajakah yang menjadi penyebab stagflasi tersebut terjadi?

Stagflasi yang terjadi disebabkan oleh cukup banyak faktor. Salah satunya sesuai dengan contoh yang sudah dijelaskan di atas adalah kondisi ekonomi yang semakin melemah. Hal tersebut ditunjukkan dengan angka pengangguran yang tinggi atau kondisi stagnan di perekonomian global.

Baca Juga:   4 Trend Harga BBM di Malaysia, Melonjak Atau Melandai?

Di saat yang bersamaan dengan kondisi masyarakat yang tak terkendali tersebut inflasi terjadi. Inflasi ini memicu banyak harga yang naik utamanya bahan bakar minyak dan bahan pokok sehingga akan terjadi chaos.

Kondisi ini tidak boleh dibiarkan terjadi. Stagflasi harus segera diatasi. Bagaimana cara mengatasi stagflasi?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.