BJB Syariah: Produk dan Jasa yang Ditawarkan

BJB Syariah

BJB Syariah merupakan sebuah lembaga perbankan syariah yang berdiri di tahun 2010 dan dikenal memiliki tanggung jawab besar dalam pemberian layanan syariah kepada masyarakat.

Bank ini memiliki cukup banyak layanan atau jasa dan produk yang ditawarkan. Apa sajakah produk dan jasa yang bisa dinikmati nasabah dari bank syariah ini?

Produk dan jasa BJB Syariah

Tabungan IB Maslahah

BJB Syariah

Tabungan iB Maslahah merupakan jenis produk berupa tabungan yang ditawarkan oleh BJB Syariah. Jenis rekening satu ini memberlakukan produk simpanan dengan menggunakan akad Al-Wadiah Yadh Dhamanah dan Mudharabah Mutlaqah.

Akad wadiah meruapkan titipan dari nasabah yang harus dijaga oleh pihak yang dititipkan, dalam hal ini adalah bank BJB Syariah. Pada akad ini tabungan yang dititipkan bisa dikembalikan kepada pemiliknya kapanpun pemilik ingin megambilnya.

Sesuai dengan namanya Wadiah atau al-wadi’ah diambil dari prinsip Fiqih Islam yakni Al-wadi’ah yang berarti titipan murni dari satu pihak kepada pihak lain, baik secara individu atau badan hukum. Dimana titipan tersebut harus dijaga dengan baik dan dikembalikan kapan saja si penitip. Al-wadi’ah sendiri termasuk kedalam akad tabarru’at yakni akad yang bertujuan untuk saling tolong – menolong.

Mudharabah Mutlaqah merupakan akad yang digunakan ketika pemilik harta atau shahibul maal memberikan kebebasan penuh kepada pengelola (mudharib) atau pihak yang dititipi untuk menggunakan hartanya dalam usaha yang menurutnya baik dan menguntungkan. Namun standart baik tersebut harus ditentukan dengan hukum syariat.Dalam akad mudharabah mutlaqah ini pengguna bisa memberikan bagi hasil kepada pemiliknya.

Baca Juga:   Banyak Uang Receh Koin? Simak 5 Poin Tips Menabungnya!

Jenis rekening IB Maslahah ini akan  diperuntukkan untuk perorangan serta badan hukum sebagaimana perseroan terbatas, yayasan, koperasi serta badan usaha CV lainnya.

Tabungan Haji IB Maslahah

Tabungan Haji IB Maslahah merupakan salah satu produk dari BJB Syariah yang telah dirancang khusus untuk Anda yang ingin melakukan persiapan biaya keberangkatan haji. Khusus untuk jenis rekening Haji IB Maslahah ini tabungan akan dikelola secara professional da dan aman dengan ketentuan syariah. Selain itu rekening Tabungan Haji IB Maslahah juga menyediakan sebuah Layanan Online Siskohat.

Dimana adanya layanan online tersebut akan membantu para nasabah tabungan Haji IB Maslahah untuk megetahui berbagai informasi haji terlebih informasi megenai  keberangkatan hajinya. Informasi yang didapatkan tersebut didapatkan secara langsung dari Departemen Agama.

Nasabah bisa melaksanakan keberangkatan haji keika seluruh persyarata telah dipenuhi khususnya ketika saldo telah mencukupi.

Simpel IB

Produk yang ditawarkan oleh BJB Syariah satu ini merupakan tabungan yang bisa digunakan untuk para pelajar. Jika Anda masih berstatus sebagai siswa atau pelajar maka Anda bisa menggunakan produk satu ini.

Baca Juga:   8 Aplikasi Kamus Bahasa Inggris Android Offline Populer

Produk IB Syariah sendiri dirancang secara khusus untuk bisa digunakan para pelajar karena di dalamnya terdapat edukasi serta inklusi keuangan yang bisa membantu anak – anak memiliki keinginan yang besar untuk menabung ketika usianya masih dini.

SimPel iB sendiri biasanya digunakan untuk siswa PAUD, TK, SD, SMP, SMA, Madrasah (MI, MTs, MA) atau sederajat atau anak yang berusia di bawah 17 tahun dan belum memiliki KTP. Akad yang digunakan dalam tabungan satu ini adalah akad mudharabah mutlaqah yang mana anak bisa mengambil tabungannya kapanpun.

Demikian ulasan mengenai BJB Syariah yang Anda perlu tahu. Bagi Anda yang tertarik menggunakan produk dan jasa BJB Syariah, semoga informasi di atas semakin menambah wawasan dan informasi Anda.

Avatar Koran Fakta
Editor Koran Fakta

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.