Ada Durian, Kopi dan Susu Gratis di Festival Durian Medowo, Kandangan

KORANFAKTA.NET – Desa Medowo di Kecamatan Kandangan yang berada di lereng Gunung Anjasmara dengan ketinggian 600 meter dpl (diatas permukaan laut) menjadi desa kaya sumber daya alam yakni pertanian, tanaman buah, kebun cengkeh, kopi dan susu sapi.

durian1Tanaman buah desa ini pun beraneka ragam. Mulai alpukat, manggis, sirsat, nangka, jeruk dan durian. Dari sekian banyak buah hasil bumi desa ini, durian adalah primadonanya. Hasil panen durian begitu berlimpah hingga banyak pedagang dari luar daerah seperti jombang dan mojokerto ‘kulakan’ di sini untuk dijual kembali di daerah mereka.

Kepala Desa Medowo, Sujarwo, mengatakan Desa Medowo ini berproses menjadi desa wisata mulai tahun 2016 ini. Dirinya optimis karena desa ini mempunyai ‘jualan’ wisata yang lengkap mulai wisata alam, edukasi dan agro.

“Sebagai gebrakan awal kami didukung oleh Kecamatan Kandangan dengan menggelar Festival Durian pada tanggal 14 Februari 2016, yang berlokasi di Balai Desa Medowo.” katanya, kepada Tim Kominfo.

Dalam Festival Durian ini  diadakan kontes buah durian, pesta makan durian gratis, minum kopi asli medowo gratis, minum susu segar gratis dan juga pameran produk-produk unggulan dari UMKM yang ada di Kabupaten Kediri.

Dijelaskan oleh Sujarwo, kegiatan ini mengambil tema “Dahar Durian Medowo”. Harapannya para wisatawan akan datang ke Desa Medowo dan menikmati sensasi makan durian langsung di tempatnya.

Selain itu diharapkan pula wisatawan bisa menikmati obyek wisata air yang berada di dekat Desa Medowo yakni air terjun Tretes. Sebagai informasi, air terjun ini masuk wilayah Kabupaten Jombang namun infrastruktur paling representative, yakni jalur tracking yang paling memungkinkan untuk menempuhnya adalah melalui Desa Medowo.  (abu/kominfo)