Home Jawa Timur Kartu Indonesia Pintar (KIP) di Banyuwangi ada yang ‘salah alamat’

Kartu Indonesia Pintar (KIP) di Banyuwangi ada yang ‘salah alamat’

709
0
SHARE

Laporan Wartawan Koranfakta.net Dafid Firmansyah

KORANFAKTA.NET, Banyuwangi –Pendistribusian Kartu Indonesia Pintar (KIP) di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Ulum, Sampangan, Desa Kedungrejo Kecamatan Muncar, Kabupaten Banyuwangi  mengalami salah cetak dan pendataan, dan diduga menggunakan data penerima yang lama.

Demikian yang disampaikan Musdzalifah, wali murid kelas 6 MI Miftahul Ulum kepada wartawan, Jumat (16/9/2016).

kip-bwi“Iya mas saya baru tahu kalau anak saya dapat bantuan KIP tapi saya melihat namanya kok beda, Jadi saya heran dan meminta suami saya menanyakan kebenaran KIP tersebut,” ucap Muzdalifah.

Ia menduga  banyak yang salah sasaran terkait data penerima KIP. “Ada anak orang yang mampu masih menerima bantuan, sedangkan keluarga kami yang membutuhkan bantuan pemerintah, malah nihil.” tuturnya dengan nada kecewa.

Bantuan KIP diketahui setelah Radha Uma Zeta putrinya menceritakan mendapatkan KIP dari wali kelasnya yang ternyata tertulis atas nama “Rada Dwi Anditasari”. Saat wali murid menanyakan masalah nama penerima KIP, pihak sekolah membenarkan adanya siswi yang bernama Rada Dwi Anditasari namun telah lulus dua tahun yang lalu yang sekarang melanjutkan sekolah di salah satu SMP yang ada di Muncar.

Menurut Kasi Madrasah Kemenag Banyuwangi Suciningsih membenarkan ada beberapa siswa siswi panerima KIP yang memang telah lulus sekolah.

” Saya mendapat info dari beberapa madrasah ibtidaiyah tentang murid penerima KIP telah lulus MI dan melanjutkan pendidikan ke mts ataupun smp. Dan tidak mengapa KIP itu diberikan agar dapat digunakan penerima di sekolah pendidikan yang sekarang selama murid penerima layak nendapat KIP. ” ujar Suciningsih,”dan semoga, ke depan pendataan berbasis EMIS ( Education Management Information System ) lebih tepat dan valid ” imbuhnya dengan optimis. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

13 − 3 =