Home Jawa Timur Warga Kwanyar Deklarasikan Gerakan Anti Narkoba

Warga Kwanyar Deklarasikan Gerakan Anti Narkoba

721
0
SHARE

Laporan Wartawan Koranfakta.net Muh.Hasan Sibti Rosul

KORANFAKTA.NET, Bangkalan — Masih di dalam suasana memperingati Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI ke 71, Pemerintah Kecamatan Kwanyar, Kabupaten Bangkalan, Madura menyelenggarakan beberapa kegiatan, di antaranya, jalan sehat, donor darah, dan deklarasi gerakan anti narkoba, Sabtu (27/08/2018) pagi ,yang dipusatkan di lapangan depan kantor Kecamatan Kwanyar.

kwanyar narkoba2Acara dihadiri para pejabat Forkompinka, Kepala UPT Pendidikan Kecamatan Kwanyar dan anggota DPRD Kabupaten Bangkalan.

Acara diawali jalan sehat bersama. Ratusan murid dari berbagai sekolah tingkat SD, SMP, SMA se-Kecamatan Kwanyar serta para guru dan PNS setempat ikut meramaikan jalan sehat ini. Peserta memadati sepanjang Jalan Dlemer yang dipilih sebagai titik pemberangkatan. Rute jalan yang ditempuh sejauh sekitar 5 kilometer.

Dalam rangkaian acara peringatan HUT kemerdekaan RI ke 71 di Kwanyar ini dilanjutkan dengan deklarasi anti narkoba, yang dihadiri oleh pejabat Badan Narkotika Nasional Propinsi Jawa Timur.

Deklarasi dilakukan dengan pembacaan ikrar anti narkoba. Ikrar anti narkoba dibaca bersama oleh pimpinan Forkompinda dan seluruh masyarakat yang hadir dalam acara deklarasi. Kemudian dilanjutkan dengan pembubuhan tanda tangan bersama pada bentangan kain putih sepanjang 50 meter.

Inilah isi ikrar “Deklarasi anti narkoba” sebagai berikut :

“Kami atas nama warga Kecamatan Kwanyar Kabupaten Bangkalan dengan ini menyatakan, Satu menolak segala bentuk penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba. Dua menyatakan bahwa penyalahgunaan narkoba haram. Tiga mulai detik ini juga kami mengatakan stop narkoba,” tegas Camat Kwanyar Iwan Setiawan dalam sambutannya.

kwanyar narkoba3“Menyelamatkan generasi penerus bangsa dari jerat narkoba adalah merupakan tanggung jawab bersama. Mejaga adik-adik ini, generasi bangsa ini, adalah tanggung jawab kita bersama. Orang tua dan guru wajib mengawasi anak-anak dari penyalahgunaan narkoba, dan menanamkan nilai-nilai keimanan kepadaNya.“ tutur Camat Kwanyar.

Sementara itu, Kepala Bidang Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat Ria Damayanti mengatakan BNN Propinsi Jawa Timur memberi apresiasi positif pada acara ini.

“Saya mengapresiasi atas nama BNNP, bahwa ada inisiatif dari karang taruna yang kemarin datang ke BNNP yang didukung oleh Camat dan Muspika setempat yang menginginkan daerah Kwanyar ini ada kepedulian masyarakat untuk menjauhi narkoba,“ ucap Ria kepada Koranfakta. net

Ria juga menuturkan, BNNP Jatim dalam usahanya mengurangi angka pengguna narkoba dan menekan sindikat peredaran narkoba, selalu berkoordinasi pihak kepolisian khususnya Direskoba hingga tingkat Kanitreskoba.

“Kita terus berkoordinasi denga pihak Polda khususnya Direskoba, kemudian ke Polres-polres sampai ke tingkat Kanit Reskoba juga kita selalu berikan satu pemahaman bahwa kalau hanya ditangkap penyalahguna atau pecandu atau koraban saja belum memutus jaringan.” ucapnya.

Acara deklarasi ini ditutup dengan bakti sosial, donor darah bersama PMI Bangkalan.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

20 − 8 =