Diduga terima uang anggaran dana desa, Camat Tanjung Bumi tersangka

Laporan Wartawan Koranfakta.net Muh Hasan Sibti Rosul

KORANFAKTA.NET, BANGKALAN — Kepolisian Resort (Polres) Bangkalan, Kamis (21/07/2016) melalui pengembangan penyidikan terhadap kasus operasi tangkap tangan (OTT) pemotongan anggaran dana desa Kecamatan Tanjung Bumi, Senin 18 Juli lalu, telah mengamankan beberapa dokumen dari kantor kecamatan dan sejumlah uang tunai dari rumah tersangka MP dan menetapkan Camat Tanjung Bumi DB (57 tahun) sebagai tersangka.

Sebelumnya, Senin 18 Juli lalu, Kepolisian Resort Bangkalan berhasil mengamankan 4 orang staf kecamatan Tanjung Bumi, satu orang Bendahara Desa, dan seorang mantan kepala desa berinisial MP.

Kapolres Bangkalan, Anissullah M Ridho saat rilis pers OTT dana desa Kecamatan Tanjungbumi, Bangkalan Madura
Kapolres Bangkalan, Anissullah M Ridho saat rilis pers OTT dana desa Kecamatan Tanjungbumi, Bangkalan Madura

Mereka terjaring dalam OTT di sebuah bank swasta di Bangkalan. Keenam orang itu diamankan karena diduga melakukan tindak pidana korupsi berupa pemotongan uang anggaran dana desa (DD) tahun 2016.

Polisi dalam OTT itu juga mengamankan beberapa barang bukti, diantaranya, 4 lembar rincian potongan DD, 4 lembar lembar bukti setor ke rekening atas nama MP, uang tunai Rp 281.594.000,- dan uang dalam rekening MP Rp.470.428.353,- serta 1 unit mobil Honda Stream warna hitam.

Dari hasil pemeriksaan terhadap MP yang menjabat sebagai Kasubag Umum Kecamatan Tanjung Bumi,  kemudian polisi melakukan penggeledahan di kantor Kecamatan Tanjung Bumi. Petugas mengamankan sejumlah dokumen yang dibutuhkan dan diduga kuat ada hubungannya dengan tindak pidana yang sedang dalam penyidikan kepolisian. Di rumah MP penggeladahan dilanjutkan, dan dari rumah tersangka, petugas mengamankann sejumlah uang tunai sebesar Rp.45.415.000,-

“Kita juga sudah melakukan penggeledahan di kantor Kecamatan Tanjung Bumi, kita mengambil beberapa dokumen yang dibutuhkan dan diduga kuat ada hubungannya dengan tindak pidana yang sudah kita periksa dan juga kemarin telah melakukan penggeledahan di rumah tersangka MP, dari sana kita mengamankan sejumlah uang tunai dan akan kita kroscek kepada yang bersangkutan. Dari rumah MP kita menyita uang 45.415.000” ungkap Kapolres Bangkalan, Anissullah M Ridho, Jumat (22/07/2016) siang.

Lanjut Kapolres, dari hasil pemeriksaan pihaknya terungkap dua hari sebelum terjaring OTT, MP telah menyerahkan sejumlah uang kepada DB yang menjabat sebagai Camat Tanjung Bumi. Karena uang yang diserahkan MP diduga dari anggaran Dana Desa, akhirnya DB diamankan dan kini Camat Tanjung Bumi ini ditetapkan sebagai tersangka.

“Jadi uang yang diterima DB ini patut diduga merupakan uang dari anggaran Dana Desa yang sudah diberikan dua hari sebelumnya (OTT)” terangnya kepada sejumlah awak media di aula Mapolres Bangkalan. (has/abu)