Kualitas Batik Kwanyar Madura optimis bisa bersaing

KORANFAKTA.NET, Bangkalan-Madura — Sebanyak 30 orang pengrajin batik khas Kwanyar, Kabupaten Bangkalan Madura yang tergabung dalam Paguyuban Batik Cendana (PBC) melaksanakan buka puasa bersama di kediaman Hajjah Aminah ketua perkumpulan pengrajin batik Kwanyar, Kamis (23/06/2016) petang.

Di Kabupaten Bangkalan, selain Batik khas Kwanyar dikenal ada juga produk batik khas Kecamatan Tanjung Bumi. Dibandingkan batik Tanjung Bumi, batik khas Kwanyar masih terbilang belia di kancah perbatikan yang ada di Kabupaten Bangkalan.

Batik khas Kwanyar Bangkalan Madura
Batik khas Kwanyar Bangkalan Madura

Meskipun batik Kwanyar baru dikembangkan setahun yang lalu. Namun, para pengrajin batik Kwanyar optimis mampu bersaing dengan batik pendahulunya.

“Batik Kwanyar baru setahun dikembangkan. Tapi kami percaya bisa bersaing dengan batik – batik lain yang ada di Bangkalan,” tutur Hajjah Aminah ketua PBC.

Lebih lanjut Hajjah Aminah mengatakan, agar produk batik khas Kwanyar bisa lebih dikenal masyarakat luas, para pengerajin batik Kwanyar berharap dukungan pemerintah, khususnya pemerintah kecamatan Kwanyar agar membuat peraturan yang mewajibkan mengenakan batik khas Kwanyar bagi murid sekolah-sekolah yang ada di Kecamatan Kwanyar, sehari dalam seminggunya.

“Kami berharap Pak Camat Iwan membuat peraturan agar batik Kwanyar ini jadi seragam wajib murid sekolah di Kecamatan Kwanyar, sehari saja dalam setiap minggunya,” ucap isteri kades M Juri.

Batik khas Kwanyar Bangkalan Madura
Batik khas Kwanyar Bangkalan Madura

Sebagai ketua Paguyuban Batik Cendana, Hajjah Aminah yang juga akrab disapa Mina menuturkan kiatnya mengembangkan produksi batik Kwanyar agar bisa terus berinovasi dan berkreasi. Paguyubannya sengaja mengajak kerja sama dengan Hasan Muhammad pemilik studio airbrush kenamaan asal Kwanyar.

“Agar batik khas Kwanyar ini bisa terus berinovasi dan kaya ide kreatif, kami menggandeng dik Hasan, karyanya (lukis) sudah kami kenal.” tuturnya yakin.

Hasan Muhammad adalah kreator muda kelahiran Kwanyar yang sudah lama menekuni industri kreatif. Hasan memiliki usaha ekonomi kreatif bergerak di bidang jasa artistik yang terbilang sukses. Produk kreatif pemilik bengkel modifikasi Airbrush Hasan Aeropaint ini sudah dikenal masyarakat luas. Lokasi usahanya berada di Banyuates, Kabupaten Sampang. Karya-karyanya sudah banyak dikenal terutama di kalangan pecinta modifikasi otomotif. Selain sebagai pegiat seni, Hasan juga seorang pekerja media.

 

Editor  : Arlita Ratnasari