Masjid Agung Bangkalan santuni puluhan anak yatim

Laporan Wartawan Koranfakta.net Muh Hasan Sibti Rosul

KORANFAKTA.NET, BANGKALAN — Yayasan Takmir Masjid Agung (YTM) Bangkalan, Madura melaksanakan buka puasa bersama dan menyantuni puluhan anak yatim piatu yang ada di wilayah Bangkalan. Acara berlangsung khidmat di rumah makan Téra’ Bulan, Ketengan, Bangkalan, Senin (20/06/16) petang.

Acara buka puasa bersama di bulan ramadhan 1437 H ini berlangsung kekeluargaan dihadiri mantan Wakil Bupati (Wabup) Bangkalan Drs. KH. Syafik Rofi’i yang juga selaku ketua Yayasan Takmir Masjid Agung Bangkalan dan segenap jajaran pengurus masjid.

syafik0Santunan yang diberikan kepada masing-masing anak yatim ini berupa pakaian dan uang tunai senilai Rp 500 ribu. Santunan yang dilakukan YTM Bangkalan ini sudah berlangsung ketiga kali. Berbeda dengan pelaksanaan santunan tahun sebelumnya, dalam santunan sore tadi dilakukan pula acara buka puasa bersama.

Layaknya seorang bapak, dengan curahan rasa kasih sayang KH. Syafik berpesan kepada anak-anak yatim yang hadir agar bersungguh-sungguh memegang teguh meraih cita-citanya hingga dewasa nanti.

“Jadi orang untuk meraih cita-cita itu harus kerja keras, jangan dihilangkan cita-citanya sampai tua,” pesan Kyai Syafik dalam sambutannya.

syafik00RA Syafik juga berpesan agar tak berkecil hati meski menjadi anak yatim. Karena sekalipun hanya miliki satu orang tua, ibu saja itu sudah cukup dalam merawat dan menjaga. Kyai Syafik juga mengisahkan bahwa dirinya juga dibesarkan oleh hanya seorang ibu. Bahkan Kyai mencitakan ibunya ini seorang buta huruf. Meski demikan tetap berhasil mengantarkan anak-anaknya menjadi orang skukses.

“Ibu saya itu buta huruf, tapi berhasil menjadikan ketujuh anaknya menjadi orang sukses. Jadi adik-adik jangan berkecil hati meskipun hanya ada ibu saja.” tutur Ketua YTM di hadapan anak yatim yang sore itu berkumpul.

Sambil menunggu waktu berbuka puasa, di acara ini diisi dengan permainan kuis berhadiah. Dari 10 kuis, 9 pertanyaan kuis berhasil dijawab anak perempuan. Dan sisanya dijawab seorang bocah laki-laki yang sebelumnya selalu gagal menjawab pertanyaan pada sembilan soal lainnya.

Terasa sekali nuansa keceriaan anak-anak yatim ini saat menyantap nikmatnya hidangan menu rumah makan mewah yang ada di Bangkalan ini.

Menurut RA Syafik, buka puasa bersama ini sengaja dilakukan untuk berbagi kebahagiaan dengan anak-anak yatim yang dikemas sebagai amal santunan.

“Selain menyalurkan bantuan santunan, buka puasa bersama ini dilakukan untuk menyenangkan mereka (anak yatim), bisa menikmati buka puasa di tempat mewah ini.” tutur RA Syafiik usai berbuka puasa. (abu)