Home Jawa Timur Satlantas Polres Bangkalan sosialisasikan keamanan dan tertib lalu lintas

Satlantas Polres Bangkalan sosialisasikan keamanan dan tertib lalu lintas

629
0
SHARE

Laporan Wartawan Koranfakta.net Muh. Hasan Sibti Rosul

KORANFAKTA.NET, Bangkalan, Madura- Satuan Polisi Lalu Lintas Polres Bangkalan, Madura sosialisasikan kepada masyarakat pentingnya keamanan dan tertib lalu lintas di jalan raya seiring masih tingginya angka kecelakaan lalu lintas di wilayah Bangkalan.

Ajun Komisaris Polisi Adi Nugroho, Kepala Satuan Lalu Lintas Kepolisian Resor Bangkalan Madura mengatakan kepada Koranfakta.net, Selasa ( 19/4/2016),  sosialisasi ini diperlukan seiring meningkatnya kecelakaan lalu lintas selain akibat buruknya kondisi infrastruktur jalan juga perilaku pengguna jalan yang sering tidak tertib lalu lintas.

AKP Adi Nugroho Kasatlantas Polres Bangkalan Madura/Photo M Sibti Rosul-Kota
AKP Adi Nugroho Kasatlantas Polres Bangkalan Madura/Photo M Sibti Rosul-Kota

“Sosialisasi berupa seminar kepada anak-anak sejak usia dini hingga para pelajar lanjutan atas dan memberikan beberapa  teori dan praktek tentang tata cara keamanan dan keselamatan berkendara (safety riding), serta perlunya surat ijin mengemudi (SIM) bagi pengemudi yang memenuhi syarat,” katanya

Adi menambahkan, disamping sosialisasi kepada anak-anak sejak usia dini hingga para pelajar lanjutan atas di lembaga-lembaga sekolah secara bergiliran, kebijakan memperketat syarat pembuatan SIM juga dilakukan, rutin menggelar operasi lalu lintas, dan memberikan pendidikan sadar disiplin berkendara dan taat rambu lalu lintas.

Dalam setiap kasus kecelakaan yang terjadi. Pihaknya selalu melakukan analisa. Jika kemudian hasil analisa penyebab kecelakaan akibat kondisi jalan, pihaknya tak segan akan melayangkan surat ke pihak terkait, diantaranya Dinas Pekerjaan Umum.

“Setiap kali terjadi kecelakaan, lokasi kecelakaan selalu kita analisa dan evaluasi, yang pada akhirnya nanti ujungnya kita akan berkirim surat. Bisa berkirim surat ke PU maupun Dishub” tuturnya.

Lebih lanjut Adi menerangkan, alasan berkirim surat ke Dinas Pekerjaan Umum maupun Dinas Perhubungan karena penyebab kecelakaan disamping karena kelalaian pengendara, kecelakaan lalu lintas bisa terjadi akibat sarana dan prasarana jalan tidak memaai, diantaranya kurangnya rambu-rambu atau minimnya penerangan jalan.

“Karena kalau rambu-rambu itu wewenang dan tanggung jawab Dishub. Sedangkan sarana dan prasarana jalan itu wewenang Dinas PU dan Jasa Marga,” tegasnya

Kasatlantas mengakui sebagian besar kecelakaan akibat kelalaian pengendara, diantaranya karena kurang istirahat dan mengantuk. (*)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

nineteen − 1 =