Home Jawa Timur Sidak, BBPOM Surabaya Temukan Ikan dan Permen Mengandung Formalin

Sidak, BBPOM Surabaya Temukan Ikan dan Permen Mengandung Formalin

34
0
SHARE

KORANFAKTA.NET – Balai Besar Badan Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) Surabaya melakukan inspeksi mendadak (sidak) di pasar modern Giant Maspion Surabaya, Senin, (28/5). Hasilnya, petugas menemukan ikan dan permen yang mengandung  formalin.

“Saat melakukan uji cepat pada 13 sampel yang ada di bagian makanan segar, empat sampel positif berformalin, yaitu pada cumi, teri, ikan wader, dan permen susu,  sementara satu sampel cincau positif boraks. Yang positif akan kami minta untuk tidak dijual,” kata Kepala BBPOM Surabaya, Sapari.

Ia menambahkan untuk produk permen berformalin dan bahan mengandung boraks akan diuji lebih lanjut di laboratorium. “Semuanya bahan berbahaya karena pemakaiannya harusnya tidak pada makanan. Kalau dikonsumsi bisa mengganggu kesehatan mulai dari ginjal sampai liver,” terangnya.

Selain itu, sejumlah bahan dengan izin edar yang sudah habis masanya hingga belum terdaftar juga ditemukan sehingga harus diamankan. Nantinya semua produk yang positif dan berbahaya akan ditelusuri lebih lanjut suplier dan produsennya.

“Kegiatan sidak dilakukan bersama beberapa pihak ini dalam rangka peningkatan intensifikasi BBPOM, khususnya pangan. Sehingga dilakukan pemeriksaan di pasar modern dan pasar tradisional, termasuk retail besar,” tandasnya. (Luk/s/agg)

Sumber : kominfo jatim

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

4 × 2 =