Ramai-ramai Melawan Berita Palsu lewat ‘Cyber Patrol’

Laporan Muh Hasan Sibti Rosul dari Bangkalan, Madura.

KORANFAKTA.NET, BANGKALAN – Akhir-akhir ini banyak beredar berita-berita yang tidak dapat dipertanggung jawabkan kebenarannya, yang oleh masyarakat disebut “hoax”.

Maraknya aksi hoax kini berkembang menjadi suatu parasit di tengah masyarakat. Berita-berita ini sangat banyak merugikan masyarakat. Bahkan hoax bisa dijadikan sebagai alat adu domba oleh pihak-pihak tertentu yang ingin memecah belah.

Kapolres Bangkalan Anissullah M Ridho bersama wartawan Bangkalan membuka acara "cangkruk'an" dalam tema " Membangun Kemitraan Dengan Media", Sabtu (4/2/2017).
Kapolres Bangkalan Anissullah M Ridho bersama wartawan Bangkalan membuka acara “cangkruk’an” dalam tema ” Membangun Kemitraan Dengan Media”, Sabtu (4/2/2017).

Demikian dikatakan Kapolres Bangkalan Anissullah M Ridho dalam sambutannya saat membuka acara “cangkruk’an” mengusung tema ” Membangun Kemitraan Dengan Media”, Sabtu (4/2/2017) di Rumah Makan Maduratna, Bangkalan.

Mendampingi Kapolres nampak hadir Wakapolres, pejabat utama Polres, Ketua PWI Cabang Bangkalan dan sejumlah kapolsek serta seluruh wartawan yang ada di Bangkalan.

Kapolres Anissullah menuturkan, dalam upayanya menghalau penyebaran berita hoax, Kepolisian Resort (Polres) Bangkalan telah membentuk tim “Cyber Patrol”, tim yang personilnya dikader dari beberapa tenaga ahli di bidangnya dan ini di luar dari anggota kepolisian.

Cyber Patrol ini bertugas untuk mengkontrol penyiaran berita hoax. Tim Cyber Patrol kemudian bekerja sama langsung dengan Humas Polres Bangkalan.

“Saya beberapa hari ini sudah membentuk dan sudah ada kader beberapa orang yang kita kader untuk cyber patrol dan ini di luar dari anggota kepolisian, nanti nyangkutnya ke Humas dan ini akan kita kembangkan terus sehingga berita-berita yang kira-kira merugikan kemudian tidak benar dan tidak dapat dipertanggung jawabkan ini bisa kita kontrol dengan cepat,” paparnya.

Dalam rangkaian acara ini juga ada sesi diskusi, beberapa awak media Bangkalan menyampaikan masukan serta berharap terjalinnya kerja sama lebih baik antara kepolisian dan wartawan.

Syamsul Arief wartawan senior dan yang disepuhkan oleh para wartawan di Bangkalan mengusulkan agar wartawan dilibatkan langsung dalam operasi lapangan atau penggerebekan ke TKP. Alasannya agar diperoleh data akurat dari bawah, dan bukan informasi yang diterima dari Humas. Usulan Arief mendapat respon positif dari Kapolres.

Pada kesempatan ini pula seluruh wartawan Bangkalan yang hadir memperoleh┬ásepotong baju bertulislan “Turn Back Hoax”. (has/abu)