Dua Jabatan Komandan Kodim di Maluku diserahterimakan

KORANFAKTA.NET, AMBON – Jabatan Komandan Kodim di Maluku diserahterimakan, yaitu Komandan Kodim 1502/Masohi diserahterimakan dari Letnan Kolonel Inf Tri Bharata Wira Jati kepada Letnan Kolonel Arm Deddy Yogo Widiatmoko, da Komandan Kodim 1504/Ambon dari Letnan Kolonel Inf Indarmawan kepada Letnan Kolonel Inf Slamet Riyanto.

Serah terima resmi setelah kedua Pamen tersebut menerima tongkat Komando dari Danrem 151/Binaiya Kolonel Inf Edy Sutrisno pada upacara serah terima jabatan yang berlangsung Kamis (18/2) di Aula Slamet Riyadi Makorem 151/Binaiya.

Serahterima Komandan Kodim 1502/Masohi dan Komandan Kodim 1504/Ambon/photo Kodam Pattimura
Serahterima Komandan Kodim 1502/Masohi dan Komandan Kodim 1504/Ambon/photo Kodam Pattimura

Kolonel Inf Edy Sutrisno, Danrem 151/Binaiya dalam amanatnya mengatakan, serah terima jabatan dalam organisasi militer merupakan bagian dari pembinaan personil dan organisasi yang harus dilakukan agar roda organisasi terus bergerak dinamis dan estafet kepemimpinan berjalan berkesinambungan supaya kinerja satuan lebih baik dan optimal.

Jabatan yang diserah terimakan adalah Komandan Kodim, yang titik berat tugasnya adalah Pembinaan Teritorial. “Maka diharapkan Dandim harus mewujudkan kemanunggalan TNI – AD dengan rakyat”, kata Danrem.

Menurutnya, sebagai langkah yang nyata yang dilakukan oleh Kodam XVI/Pattimura dan satuan jajarannya termasuk Korem 151/Binaiya adalah mengkampanyekan dan menggalakkan “Program Emas Biru dan Emas Hijau”, bertujuan agar warga berperan menjaga dan melestarikan lingkungan, karena lingkungan yang memberikan kita kemudahan hidup. Adapun program emas biru mencakup sektor kelautan dan perikanan khususnya “Budidaya Ikan Karamba”. Sedangkan emas hijau mencakup sektor kehutanan dan perkebunan khususnya “Pembibitan Pohon Keras dan Pohon Produksi”.

Situasi keamanan di wilayah Maluku sudah semakin kondusif serta dinamika kehidupan masyarakat bergerak ke arah yang semakin dinamis sehingga pemerintah daerah dapat melaksanakan pembangunan.

“Namun kita sebagai prajurit, kewaspadaan harus tetap dilaksanakan, jangan pernah lengah dan terlena. Oleh sebab itu, lakukan komunikasi sosial secara intens dengan seluruh komponen masyarakat, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh adat dan tokoh pemuda, termasuk aparat pemerintah daerah serta warga masyarakat di wilayah, sebab tanpa adanya partisipasi dan dukungan dari seluruh komponen, maka kondisi tersebut tidak mungkin akan tercipta dengan baik ”, tutupnya.

Hadir pada acara tersebut para Dandim satuan jajaran, para Danyon satuan jajaran, Perwira staf Korem 151/Binaiya dan Ketua Persit KCK Koorcab Korem 151/Binaiya serta para Ketua Cabang. Usai upacara serah terima jabatan dilanjutkan acara ramah tamah.

(Penrem151/Binaiya).