Pantai Rongkang, Wisata Alam Andalan Bangkalan

Laporan Wartawan Koranfakta.net Muh Hasan Sibti Rosul dari Bangkalan, Madura
KORANFAKTA.NET, BANGKALAN MADURA – Pantai Rongkang merupakan destinasi wisata alam yang terletak di desa Kwanyar Barat, Kecamatan Kwanyar, Kabupaten Bangkalan. Berlokasi di selatan kota Bangkalan, berjarak kira – kira 7 kilometer dari jembatan Suramadu, ke arah timur.

Banyak keistimewaan di pantai rongkang ini, diantaranya berjejernya bebatuan di sepanjang pantai dan juga bukit berundak yang tingginya mencapai sekitar dua puluh hingga dua puluh lima meter di atas permukaan laut (dpl).

Pada waktu senja dan malam hari, dari tempat ini bisa dilihat kilauan sinar dari lampu kapal-kapal yang berlayar di Selat Madura, juga cahaya temaram lampu warna – warni dari pilar jembatan Suramadu yang membelah Selat Madura.
Pantai Rongkang, Kwanyar, Bangkalan, Madura/Photo Muh Hasan Sibti Rosul
Pantai Rongkang, Kwanyar, Bangkalan, Madura/Photo Muh Hasan Sibti Rosul/Koranfakta

Pendar cahaya lampu menjadi pemandangan yang sangat menarik dan pantulan sinar-sinar lampu di permukaan air yang memantul dari arah kota Surabaya menambah pesona keindahan di sekitar pantai yang membuat hati merasa takjub.

Indahnya panorama pemandangan Pantai Rongkang, akan lebih bagus lagi jika melihatnya dari atas bukit berundak di sekitar kawasan tersebut. Untuk menambah suasana santai bisa sambil menikmati jagung bakar. Tempat ini biasanya jauh lebih ramai saat sore hingga malam hari.

Pantai Rongkang mempunyai karakteristik pantai yang dikelilingi bebatuan cadas. Sementara bagi wisatawan yang ingin menikmati pasir putih yang terhampar di sepanjang bibir pantai,  harus menuruni bebatuan cadas dari perbukitan yang terbilang cukup curam agar sampai menuju pantai.

Jadi para wisarawan atau pengunjung harus berhati-hati dalam menyusuri pantai ini. Para pengunjung bisa bermain-main di sekitar pantai dengan melihat pemandangan Pantai Rongkang yang sangat eksotis.

Pantai ini di namakan Rongkang karena pantai ini terbentuk akibat dari proses alam abrasi air laut ke batuan karang, sehingga terbentuklah lubang lubang membentuk kelandaian bibir pantai. Dan karena banyak batu karang yang berlobang itulah disebut ngerongakang dalam Ba Ngerongkang (Bhs Madura), jadilah nama pantai tersebut pantai Rongkang.

” Dijuluki pantai rongkang lantaran ditemukan banyak rongkang (berlobang-red)”, tutur Mudafri, Kepala Desa Kwanyar saat ditemui dirumahnya.

Kawasan wisata Pantai Rongkang mempunyai jadwal festival tahunan, biasanya dihelat tujuh hari selang hari raya Idul Fitri. Warga setempat menyebut acara itu “telasan topak ” acara tahunan ini selalu ramai dipadati pengunjung yang datang dari berbagi daerah baik wisatawan dari sekitar Madura maupun pengunjung dari kota Surabaya dan sekitarnya.

Dalam festival tahunan itu ribuan manusia tumpah ruah terpusat di kawasan wisata Pantai Rongkang. Ratusan kios pedagang kerajinan khas daerah dan juga kedai-kedai makanan sangat ramai kita jumpai dalam festival telasan topak itu.

Akibat padatnya pengunjung serta tak adanya jalan alternatif untuk mengalihkan pengguna kendaraan lumpuhkan fungsi jalan raya disepanjang ruas jalan kawasan wisata alam tersebut.

Bahkan untuk mengurangi kemacetan, petugas Kepolisian Sektor Kwanyar dibantu Satlantas Polres Bangkalan terpaksa melarang setiap kendaraan yang hendak masuk menuju kawasan wisata Pantai Rongkang. Semua kendaraan terpaksa harus parkir di luar batas desa Kwanyar. Dan pengunjung pun harus rela berjalan kaki sejauh satu kilometer untuk bisa tiba dilokasi festival tahunan di kawasan wisata tersebut. (*)