Satpol Gresik Segel Home Stay Diduga Tempat Esek-esek

Laporan Wartawan Koranfakta.net Muhammad Isman

KORANFAKTA.NET – Sebuah ruko yang dijadikan Home Stay, Kamis malam (5/1/2017), disegel Satpol PP Pemkab Gresik.

Penyegelan dilakukan karena saat petugas mendatangi Home Stay Lestari ini, pemiliknya tidak bisa menunjukkan izinnya. Meski pemiliknya kepada petugas jika sudah memiliki izin.

Satpol Gresik Segel Home Stay Diduga Tempat Esek-esek/Photo Mad
Satpol Gresik Segel Home Stay Diduga Tempat Esek-esek/Photo Mad

Kabid Ketertiban Umum dan Perlindungan Masyarakat Satpol PP Pemkan Gresik Agung Endro mengatakan, Home Stay Lestari di Jalan Dr Wahidin Sudirohusodo yang pihaknya segel itu karena pemiliknya tidak bisa menunjukkan izin yang diminta petugas. Baik IMB, maupun izin pariwisata dan izin lingkungan (HO).

“IMB bangunan inikan ruko. Karena ada perubahan bangunan, harus IMB-nya juga berubah,” ujar Agung, Jumat (6/1).

Meski begitu, pihak Satpol PP mengenakan pemilik Home Stay ini Perda No. 5 tahun 2012 tentang pengelolaam kepariwisataan. Akan tetapi jika benar bangunan ini belum memiliki IMB sesuai peruntukkannya, maka bisa saja penyidik Satpol PP juga mengenakan pelanggaran tentang bangunan tanpa IMB atau penyalahgunaan IMB.

“Ini masih kami dalami baik IMBnya maupun izin lainnya,” tegas Agung.

Kabag Humas Pemkab Gresik Suyono mengatakan, penyegelan Home Stay Lestari ini dilakukan bermula adanya laporan warga bahwa di Home Stay tersebut tempat muda-mudi menginap. Dari laporan itulah sebut Suyono ditindaklanjuti sehingga terungkap bahwa Home Stay ini ternyata tidak mengantongi izin. (Mad)