Home Regional Job Maching 2016 Pasuruan Dihadiri Ribuan Pencari Kerja

Job Maching 2016 Pasuruan Dihadiri Ribuan Pencari Kerja

519
0
SHARE

KORANFAKTA.NET, Pasuruan – Job Matching 2016 Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur dikunjungi ribuan pencari kerja, yang memadati Lapangan Sekolahan  SMKN I Bangil, Jalan Tongkol No.3, Dermo, Bangil, Pasuruan, Rabu (19/10).

Para pencari kerja tersebut datang dari berbagai daerah dan kota di Jawa Timur mantara lain, Malang, Sidoarjo, Surabaya dan Pasuruan.

Mohammad Supandri, Kepala Sekolah di SMKN I Bangil selaku Ketua Panitia Job Matching 2016 menjelaskan, Job Matching berlangsung selama dua hari, tanggal 19 dan 20 Oktober 2016.

jobaching2016“Ada 44  perusahaan yang telah membuka 2.000 lowongan pekerjaan, mulai dari perusahaan industri makanan dan minuman, obat-obatan, furniture (mebel) hingga perusahaan pelayanan jasa,” jelas Supandri.

“Hari pertama kegiatan Job Matching 2016, pelamar yang sudah mendaftar berjumlah 8.000 pelamar lebih. Jumlah pelamar warga Kabupaten Pasuruan mencapai 41 persen, sedangkan pelamar dari warga Malang, Sidoarjo, Surabaya dan Pasuruan mencapai 59 persen, Untuk ijasah pelamar pekerjaan diharuskan lulusan dari SMK atau SMA,” tambah Supandri.

Dari jumlah 8000 pelamar, sebanyak 6.309 pelamar telah mendaftar  via online, dan sisanya mendaftar langsung di lokasi pelaksanaan job matching,  tepatnya di SMKN I Bangil, Pasuruan,

“Untuk pelamar  lulusan SMK ada 66 persen, lulusan SMA 17 persen, lulusan D1-D3 ada 5 persen, lulusan S1 ada 4 persen, lulusan S2 sebanyak 2 persen, dan sisanya lulusan SMP. Padahal pelaksanaan Job Matching 2016 ini sebelumnya kami sudah mengumumkan bagi pelamar diharuskan lulusan dari SMK atau SMA bukan tamatan SMP,” pungkasnya.

Sementara itu, Dr Iswahyudi Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Pasuruan menegaskan, Job Matching yang dilakukan oleh SMKN I Bangil diharapkan dapat membantu Pemerintah Kabupaten Pasuruan mengurangi angka pengangguran.

“Job Matching efektif untuk menumbuhkan semangat berkompetisi dalam mencari pekerjaan. Di Indonesia masih banyak pengangguran, Dengan adanya Job Fair atau Job Matching ini sangat baik untuk mengurangi jumlah pengangguran di Indonesia,” tutur Iswayudi.

” Bila pengangguran yang ada di Kabupaten Pasuruan semakin berkurang, maka banyak sekali efek manfaatnya dan juga bisa mengurangi angka kriminalitas yang merajarela,” tutur Iswahyudi,

“Sekolah Negeri maupun Swasta di Kabupaten Pasuruan  berjumlah 140 sekolah, di antaranya sekolah SMK Swasta mencapai 70, dan SMK Negeri berjumlah 14 sekolahan lantas untuk sekolah SMK Swasta berjumlah  56. Bagi siswa yang lulus SMK sebanyak 26.472 siswa dan yang lulus dari sekolah SMA berjumlah 12.310 siswa, ” katanya.

“Setidaknya dengan adanya Job Fair atau Job Maching yang diselenggarakan di SMKN 1 Bangil Kabupaten Pasuruan ini ada 38.782 siswa lulusan SMK dan SMA di Kabupaten Pasuruan yang bisa mengikuti kegiatan tersebut. Ke depannya semoga lebih banyak progam yang mengarah di bidang ketenaga kerjaan, agar bisa mengurangi jumlah pengangguran  di Kabupaten Pasuruan,” tuturnya.(*/pur/abu)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

sixteen − eleven =