Idul Adha di Istiqlal : Kesalehan spiritual dan sosial tercermin dari rela berkorban

JAKARTA -Puluhan ribu Umat Islam dari Jakarta dan sekitarnya, mendirikan Shalat Idul Adha 1437 H di Masjid Istiqlal (Masjid Kemerdekaan), Jakarta, Senin (12/09).

Shalat Idul Adha diimami oleh KH Syarifuddin Muhammad dan bertindak sebagai Khatib, Ketua Komisi Dakwah dan Pengembangan Masyarakat MUI Khotib KH Cholil Nafis.

idul-adha-istiqlalDalam khotbahnya, yang mengangkat tema: “Berkurban Meningkatkan Solidaritas Kemanusiaan” KH Nafis melihat, Idul Adha merupakan hari raya untuk mengenang pengorbanan Nabi Ibrahim as atas putranya Nabi Ismail as tersebut mempunyai dua nilai. Nilai-nilai tersebut adalah kesalehan spiritual dan kesalehan sosial.

Menurutnya, kesalehan spiritualnya adalah penyerahan diri kepada Allah SWT dan mengekang egoisme, sebagaimana dicontohkan Nabi Ibrahim as. Sedang kesalehan sosial tercermin dari semangat rela mengorbankan diri, seperti dalam diri Ismail (muda). Nafis melihat, sikap kedua Rasul di atas, penting unik diteladani, utamanya generasi muda indonesia.

“Ismail adalah figur anak shaleh, jujur, generasi muda yang baik, berpandangan jauh ke depan atas dasar spiritualitas tinggi, berani mengambil sikap pada situasi sulit, rela berkorban dan berbakti pada orang tua.” ujar Nafis.

“Andai generasi muda Indonesia mampu meneladani Ismail, tentu Bangsa ini akan bergerak lebih cepat ke arah yang lebih maju dan sejahtera. Terlebih, sejak 2012 lalu hingga 2035 ke depan, Indonesia dibanjiri generasi muda produktif (bonus demografi),” imbuh Nafis.

Dalam khutbah tersebut,Nafis juga mengupas kisah Siti Hajar, Istri Nabi Ibrahim as yang berjuang dengan totalitas untuk mendapatkan keinginannya, daripada sekedar menangis putus asa dan menunggu keajaiban dari langit, yang dikenal sebagai Peristiwa Sa’i.

Idul Adha tahun ini, Masjid Istiqlal menerima hewan korban; 26 ekor sapi dan 10 ekor kambing.Tiga di antara 26 sapi tersebut merupakan hewan kurban dari Presiden Joko Widodo dan Wapres M Jusuf Kalla juga Menag Lukman Hakim Saifuddin.

Hewan Korban dari Presiden diserahkan kepada Wakil Ketua Badan Pengelola Masjid Istiqlal, Bahrul Hayat oleh Menteri Pertanian, Andi Amran, sedang Hewan Korban Wapres diserahkan oleh Menteri Agraria dan Tata Ruang, Sofyan A Djalil.

Ikut mendirikan Shalat Idul Fitri di Masjid Istiqlal, Sekjen Kemenag Nur Syam, Dirjen Bimas Islam Machasin yang didampingi para pejabat di lingkungan Bimas Islam, sejumlah pejabat tinggi negara, para duta besar negara sabahat. (nag/abu)