Sehari Jelang Penutupan, 10 Parpol Resmi Daftar di KPU Gresik

KORANFAKTA.NET, GRESIK – Sebanyak sepuluh partai politik (parpol) telah resmi mendaftar sebagai peserta Pemilu 2019 ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Gresik hingga Minggu (15/10) siang. Meski demikian, baru tiga parpol yang resmi mememuhi syarat berkas. Sedangkan yang lainnya masih diberikan waktu melakukan perbaikan.

Kesepuluh parpol yang telah resmi mendaftar yakni PSI, Partai Nasdem, Partai Perindo, PDIP, Gerindra, Hanura, PKS, PAN, Partai Berkarya, dan Partai Garuda. Empat parpol terakhir mendaftarkan diri secara berturut-turut pada Minggu (15/10) dari pukul 08.00 hingga 13.00 Wib. Dua diantaranya parpol baru yakni Berkarya dan Partai Garuda.

Ketua KPU, Akhmad Rosi, S.Si, mengatakan parpol yang belum lengkap berkas diberi waktu hinggal tanggal 16 Oktober 2017 untuk melengkapinya. Setelah lengkap baru diverifikasi faktual.

“Parpol yang lengkap berkasnya, kita beri waktu melengkapi. Setelah itu diverifikasi faktual,” tegasnya.

Sementara itu, pantauan di lapangan Minggu (15/10), sepuluh parpol yang mengantar berkasnya ke KPU Gresik, gunakan beragam tradisi. Seperti iring-iringan mobil, membawa barongsai dan ada juga kelompok pencak silat macan.

Pelibatan kesenian daerah saat mendaftar di KPU Gresik, diakui oleh Umi Kalsum, pengurus PAN Gresik salah satu bentuk melestarikan kesenian lokal. Pasal, pencak silat macan satu dari sekian banyak kesenian Gresik peninggalan nenek moyang yang harus terus dilestarikan. (MUH)