Dari 4 Parpol Yang Daftar 2 Belum Cukup Berkas

KORANFAKTA.NET, GRESIK – Sejak kran pendaftaran verifikasi partai politik di buka, hingga hari ini Sabtu (14/10/2017) pukul 14.00 Wib, baru empat parpol yang mendaftar di Komisi Pemilihan Umum (KPU) Gresik.

Keempat parpol yang mendaftar ini adalah Nasdem, PSI, Perindo dan PDI Perjuangan. Namun berkas yang sudah diterima dari empat parpol tersebut baru dua yakni Nasdem dan PSI. Sedangkan yang duanya belum bisa diterima KPU Gresik lantaran, berkasnya belum lengkap.

Hal ini kemukakan oleh Ketua KPU Gresik Akhmad Rosi, Sabtu (14/10/2017) siang di kantor KPU Gresik, Jalan Dr Wahidin Sudirohusodo.

Dikatakan Akhmad Rosi bahwa, berkas kedua parpol yang nelum lengkap itu seperti adanya kelebihan jumlah KTA. Ini terjadi pada berkas Partai Perindo. Sedangkan PDI Perkuangan, KTA dan KTP sudah terpenuhi, tetapi masih perlu disempurnakan.

“Masalah itu saja, sehingga KPU Gresik belum bisa menerima berkas kedua parpol tersebut saat mendaftar sebagai calon peserta pemilu,” ujar Akhmad Rosi.

Pendaftaran parpol peserta pemilu sejatinya dibuka oleh KPU Gresik sejak tanggal 3 Oktober hingga 16 Oktober 2017. Karena itu, parpol yang bakal ikut berkompetisi pada Pileg dan Pilpres mendatang di Kota Santri sebutan laon Gresik ini, belum diketahui pasti jumlahnya.

“Kita baru tahu setelah diverifikasi nanti,” katanya.

Diakui oleh orang nomor satu di KPU Gresik ini, bahwa jumlah parpol yang terdaftar dan berbadan hukum di Kementeriam Hukum dan HAM RI sebanyak 73 parpol. Nah, apakah 73 ini semuanya ikut berkompetisi di Gresik atau tidak, baru akan diketahui setelah selesai pendaftaran. (MUH)