Tinggal Selangkah Pabrik Semen Rembang Beroperasi

Laporan Wartawan Koranfakta.net Muhammad Isman

KORANFAKTA.NET, GRESIK – Rencana pengoperasian pabrik semen Rembang, yang ditarget beroperasi awal tahun ini, tinggal selangkah lagi. Pasalnya, pihak manajemen Semen Indonesia tinggal menunggu hasil kajian lingkungan hidup strategis yang sedang digodok pemerintah pusat.

Sedangkan izin lingkungan untuk penambangan yang dibatalkan melalui putusan peninjauan kembali Mahkamah Agung sudah diperbaharui Gubernur Jateng, November 2016.

Logo Semen Indonesia
Logo Semen Indonesia

Hal itu dikemukakan oleh Direktur Utama PT Semen Indonesia (Tbk) Rizkan Chandra saat bertindak sebagai Inspektur Upacara Peringatan HUT Semen Indonesia ke-4 di lapangan bekas pabrik semen di Gresik, Senin (9/1/2017).

Ujian yang dihadapi Semen Indonesia terkait pembangunan pabrik semen Rembang ini, begitu komplek. Dimana, sebut Rizkan Chandra, ujian yang datang itu tak hanya pada aspek teknis semata. Faktor nonteknis seperti gugatan ke MA, juga turut mewarnai perjalanan ini.

“Tapi kita bersyukur, karena pencabutan izin lingkungan pembangunan pabrik bukan akhir perjalanan Semen Indonesia membangun pabrik Rembang, karena pemerintah pusat sedang mengkaji ulang dan kini dikoordinir dengan Kepala Staf Kepresidenan Teten Masduki,” ujar Rizkan Chandra.

Diakui oleh Rizkan Chandra, hasil kajian lingkungan ini yang timnya terdiri dari lintas kementerian dari BUMN, Lingkungan Hidup dan Kehutanan dan lainnya akan dijadikan bukti baru dalam melakukan langkah-langkah hukum selanjutnya.
“Yang jelas Semen Indonesia tidak akan berhenti sampai disini, walaupun operasional sementara waktu terhenti. Tapi kita tetap semangat karena Semen Indonesia sudah menjadi tiang pokok infrastruktur Indonesia,” tandasnya. (Mad)