Warga Tanam Mangrove di HUT Surabaya

Mangrove yang akan ditanam kali ini, jenis Bruguiera dan Rhizophora, dan akan ditempatkan di sepanjang Kali Wonorejo – Rungkut.

“Penanaman itu akan melibatkan semua warga Surabaya, yang peduli pada lingkungan pesisir, termasuk perusahaan dan aktifis lingkungan di Surabaya,” Kata Susi Irawati Fawziyah Kabid Kehutanan Dinas Pertanian Surabaya.

Rencana penanaman itu, akan digelar Sabtu, 26 Mei 2012, dan akan diikuti para kelompok tani di kawasan pesisir Surabaya, yang punya kepentingan dengan keberadaan mangrove di Pamurbaya.

Sementara Wawan Some Tim Litbang KJPL Indonesia mengatakan, kalau penanaman itu sekedar seremonial tanpa perawatan akan sangat percuma digelar.

”Buang-buang waktu, tenaga dan anggaran saja, kalau itu hanya untuk seremonial dan asal Walikota senang,” tegas Wawan.

Menyikapi aksi dan rencana penanaman itu, KJPL Indonesia juga merespon positif, asal tidak diarahkan pada kegiatan yang berorientasi bisnis dan kampanye sesaat atau pencitraan.

“Bicara lingkungan bicara hati dan niat, bukan bicara dari siapa untuk siapa, ini harus tegas dibedakan,” kata Teguh Ardi Srianto Ketua KJPL Indonesia.

Beberapa instansi dan perusahaan yang akan dilibatkan dalam penanaman mangrove di Pamurbaya itu, diantaranya Pertamina, PN Gas, PLN, Pembangkitan Jawa Bali, Trac, Starbuck Coffe, Pos Indonesia, dan beberapa aktifis lingkungan diataranya dari KJPL Indonesia, Rumah Mangrove, Nol Sampah, dan Tunas Hijau. [ kjpl/abu]