Lama Tidur, Sidokumpul Akhirnya Juara

KORANFAKTA.NET, GRESIK – Setelah lama tidur, dan tidak terdengar gaungnya, Desa Sidokumpul, Kecamatan Gresik, Kabupaten Gresik, akhirnya terbangun.  Hal ini, menyusul keluarnya desa ini alam sebagai juara pertama dalam lomba desa tingkat kecamatan tahun 2017.

Sejatinya, yang mengantarkan Sidokumpul ini keluar sebagai juara pertama lomba desa kategori kebersihan desa ialah Bank Sampah. Dimana di desa dibangun asosiasi bank sampah Gresil (Asbag) dibawah binaan PKK Desa.
Lurah Sidokumpul Drs Umaya yang ditemui terkait hal ini, membenarkan jika Sidokumpul menjuarai lomba desa tingkat kecamatan tahun 2017. Keluarnya sebagai pemenang partama, lanjut Umaya, tak terlepas dari peran serta Asbag yang anggotanya dari warga masyarakat desa setempat.

“Kita bersyukur dengan adanya Asbak. Karena setelah lama tidur, desa ini akhirnya terbangun dengan menjuarai lomba desa tingkat kecamatan,” ujar Umaya.

Diketahui, yang menjadi kriteria penilaian lomba desa tahun ini salah satu indikatornya ialah bidang kebersihan lingkungan. Mulai dari pengelolaan sampah warga hingga ketersediaan fasilitas sampah dan kesadaran warga akan kebersihan lingkunganya.

Oleh karena itu, sambung Maya, perestasi yang diraih ini bukanlah akhir dari segalanya. Tetapi ia bersama dengan PKK desa akan terus berupaya dalam meningkatkan kebersihan lingkungan melalui penyuluhan ke warga-warga hingga melakukan aksi penghijauan lingkungan agar tercipta lingkungan yang asri dan nyaman.

“Kita minta kesadaran warga untuk ikut memelihara kebersihan lingkungannya. Karena peran serta masyarakat sangat menentukan,” tambahnya. (MUH)