Tim Kodam V/Brawijaya Sidak Program Penghijauan Ruas Jalan Bangkalan

KORANFAKTA.NET, BANGKALAN —  Tim Kodam V/Brawijaya menggelar Inspeksi Mendadak (Sidak) perkembangan penghijauan ruasjalan provinsi di Kelurahan Bancaran dan Kelurahan Gebang, Kecamatan Bangkalan Kabupaten Bangkalan, Selasa (31/1/2017).

Kepala Penerangan Kodam (Kapendam) V/Brawijaya, Kolonel Arh Sinthu Bas Ignatius mengatakan sidak ini sebagai tidak lanjut pencanangan program penghijauan sebagai realisasi MOU antara Kodam V/Brawijaya bersama Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Timur yang dilakukan beberapa waktu lalu.

bangkalan tni“Program penghijauan serentak, penanaman pohon ruas kanan-kiri sepanjang jalan provinsi/nasional yang dilaksanakan oleh Kodim-Kodim jajaran Kodam V/Brawijaya di 30 kabupaten/kota, program ini diharapkan dapat menjadi dasar dalam pelaksanaan program penghijauan yang lebih intensif di masa mendatang,” katanya

Untuk diketahui, jumlah yang ditanam mulai 2010 hingga 2015  mencapai 661.000 pohon jenis Mahoni.  Dilihat dari pengaturan maupun jarak antara pohon satu dengan yang lain sudah cukup baik, apalagi secara keseluruhan pohon yang ditanam hingga saat ini dapat tumbuh.

Letkol Inf Didi Suryadi, Pabandya Bakti TNI Staf Teritorial Kodam V/Brawijaya disela acara mengatakan. program penghijauan yang dilakukan  jajaran Kodim 0829/Bangkalan secara serentak beberapa waktu yang lalu, juga mendapat perhatian dari Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Timur, khususnya dalam penataan pohon yang tertanam di kanan kiri badan jalan raya, yang ada di Bangkalan, beberapa waktu lalu.

“Dari hasil pengamatan langsung di lapangan, pohon-pohon yang tertanam di kanan kiri jalan, sudah memenuhi persyaratan penghijauan yaitu keasrian dan keindahan yang mengedepankan tata kota hijau,” ungkapnya.

Dari hasil sidak dan evaluasi ulang pelaksanaan program penghijauan mulai bulan Oktober  tahun 2016 dan hingga Minggu ke IV bulan Januari 2017 oleh Staf Teritorial Kodam V/Brawijaya bersama Dinas Kehutanan Provinsi JawaTimur dapat diambil kesimpulan pohon yang ditanam dapat tumbuh dan menjadi pohon pelindung sepanjang jalan dan selanjutnya perlu pemeliharaan pohon untuk menjaga kesuburan dan pertumbuhan pohon sebagai peneduh, penyaring udara dan meningkatkan kualitas udara di daerah tersebut.

“Jajaran Kodim, sudah memaksimalkan segala potensi yang ada serta melibatkan institusi lain dan masyarakat, sehingga ke depan, perlu ditumbuhkan rasa saling memiliki dan memelihara penghijauan yang sudah dikerjakan dengan susah payah, hasilnya sudah kelihatan bagus dan subur,” tambah Letkol Inf Didi Suryadi. (abu)

Sumber : kominfo.jatimprov.