Pantai Delegan Pengunjung Disuguhi Sampah

KORANFAKTA.NET, GRESIK – Tak sedikit pengunjung Wisata Pasir Putih di Pantai Delegan, Kabupaten Gresik, Jawa Timur, Sabtu (21/1/2017) mengaku kecewa karena saat berada di wilayah pantai tersebut, justru dijumpai banyak sampah berserakan.

Banyaknya sampah bekas makanan, minuman yang berhamburan di sekitar membuat suasana jadi kurang nyaman. Bahkan selera makan sambil bersantai bersama keluarga, juga hilang seketika setelah melihat lingkungan, jorok.

Inilah sejumlah sampah yang berserakan di WPP Pantai Delegan, Gresik, Sabtu (21/1/2017). Photo. Muh/Kota
Inilah sejumlah sampah yang berserakan di WPP Pantai Delegan, Gresik, Sabtu (21/1/2017). Photo. Muh/Kota

Seperti yang diungkapkan rombongan dari wisatawan bis Tirto Agung ini. Saat menginjakkan kaki di pantai ini ia tak menyangka jika sampah di sekitar pantai tidak berserakan dimana-mana. Terlebih dalam WPP Pantai Delegan ini ditemui banyak pamplet bertuliskan “Buang sampah pada tempatnya”.

“Kita mengira kebersihan WPP ini dijaga. Tapi faktanya masih banyak sampah berhamburan sekitar tempat duduk dan menjijikan,” ucap Rohman (40), salah satu pengunjung yang ikut dalam rombongan bis Tirto Agung, Sabtu (21/1/2017).

Dikatakannya, besaran biaya yang ditarik pengelola kepada pengunjung Rp 6 ribu per orang dan biaya parkir Rp 2.500 per kendaraan roda dua, serta Rp 5 ribu roda empat menjadi tidak imbang karena pihak pengelola tidak memberikan rasa nyaman kepada pengunjung.

“Kalau dilihat dari besaran tarifnya dibanding dengan kebersihan lingkungan sangat merugikan pengunjung,” jelasnya.

Yang lebih parah, pengelola tidak menyediakan fasilitas berwudhu yang memadai di mushola yang ada di lingkungan WPP. Bahkan tempat wudhu yang ada, tidak bisa difungsikan karena airnya tidak mengalir.

“Padahal tujuan dari penarikan retribusi masuk di WPP ini untuk biaya pengelolaan WPP,” kata dia lagi.

Hal dikeluhkan pengunjung lainnya. Mereka juga menyoroti banyaknya sampah yang berserahkan dimana-mana membuat suasana bersantai jadi tidak seru. Apalagi banyak kotoran kucing yang membuat jijik melihat. (Muh)