Polisi Jadi Guru Bagi Anak-Anak di Daerah Terpencil di Puncak Jaya Papua

KORANFAKTA.NET | Polisi Papua yang bertugas di Kabupaten Puncak Jaya sejak beberapa bulan ini menjalani kegiatan tambahan, menjadi guru bagi anak-anak usia sekolah.

Seorang anggota Polisi saat mengajar anak-anak di lapangan rumput kawasan pegunungan Kabupaten Puncak Jaya. (Foto: Humas Polda Papua)
Seorang anggota Polisi saat mengajar anak-anak di lapangan rumput kawasan pegunungan Kabupaten Puncak Jaya. (Foto: Humas Polda Papua)

Kegiatan ini mendapat sambutan masyarakat, terbukti banyak anak-anak yang datang dengan diantar orang tua untuk mengikuti pelajaran di rumput lapangan. Pak Guru, yang Polisi ini masih berpakaian seragam karena kegiatan mengajar dilakukan saat menjalankan patroli pengamanan lingkungan.

Itulah yang membedakan guru yang polisi dengan guru sesungguhnya. Guru yang polisi ini tidak secara tetap menetap di kampung, tapi dilakukan terbatas saat melakukan kegiatan patroli rutin. Itupun hanya bisa dilakukan di lapangan terbuka, bukan bangunan sekolah.

Bekal Pak Polisi ini tidak harus menjalani pendidikan guru, karena pelajaran yang diberikan kepada anak-anak hanya untuk kemampuan, “Membaca, Menulis dan Menghitung”. Semua polisi pasti bisa melakukan pengejaran ini. Pendidikan dasar seperti itu, memang dibutuhkan di kebanyakan daerah di Papua.

Kegiatan Polisi jadi guru itu, adalah kebijakan Kapolda Papua yang merasa prihatin akan nasib anak-anak usia pendidikan masih belum mendapat pengajaran dari guru. Itu terjadi karena keberadaan mereka masih terpencil dengan daerah lain.

Medan yang berat, karena berada di lembah, gunung yang semuanya tidak mudah dijangkau. Ada kampung yang belum terdapat bangunan sekolah, ada sekolah tanpa guru bahkan ada guru tapi sudah lama meninggalkan tempat mengajar.

Setiap anggota Polsek yang berada di daerah terisolir dan terpencil diberi tugas tambahan menjadi guru, untuk membantu anak-anak usia sekolah agar mengenyam pendidikan. Kebijakan Polisi jadi guru itu, sifatnya untuk mengisi kekosongan pada daerah yang memang belum terjangkau pendidikan.

Pendekatan melalui pendidikan bagi anak usai sekolah ini, mempunyai arti penting untuk membangun hubungan dan kedekatan polisi dengan masyarakat, menumbuhkan rasa aman masyarakat, juga berperan sebagai pendidik bagi anak bangsa.

Editor: Agung Budiarto

Sumber: up4b.go.id