Home Nasional Presiden Jokowi: Insan Pers diminta bangun optimisme masyarakat

Presiden Jokowi: Insan Pers diminta bangun optimisme masyarakat

378
0
SHARE

KORANFAKTA.NET – “Sebuah informasi berita bisa menjadi obat, bisa pula menjadi racun. Ada yang pahit seperti jamu namun menyehatkan, ada pula seperti vitamin. Namun tak jarang, sebuah informasi, mampu mengganggu akal sehat masyarakat,” demikian pernyataan Joko Widodo, Presiden saat memberi sambutan pada puncak Hari Pers Nasional (HPN) Tahun 2016 di Mandalika, Kabupaten Lombok Tengah, Pulau Lombok, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), Selasa (09/02).

Presiden Joko Widodo
Presiden Joko Widodo

“Saya sedang berfikir, bagaimana caranya para insan pers mampu membangun optimisme masyarakat, mampu meningkatkan etos kerja masyarakat. Karena era sekarang, adalah era persaingan. Karenanya, jika ingin bangsa ini maju, kita harus membangun kepercayaan, baik kepada masyarakat kita, maupun pihak luar,” katanya.

“ Tidak akan ada investor masuk ke negeri ini, jika mereka tidak percaya dengan kita. Jika itu yang terjadi, maka pertumbuhan kita sedikit banyak terhambat. Dan, bersyukurlah kita, karena sekarang kita hidup di era kebebasan pers. Jika dulu pemerintah menekan pers, kini pers yang menekan pemerintah,” ujar Presiden.

Jokowi berharap, insan pers tidak membuat berita sensasional yang bertumpu pada asumsi, karena jika hal ini dilakukan terus menerus, maka yang muncul dalam masyarakat adalah sikap pesimis dan menurunnya etos kerja.

“Mari, kita tingkatkan produktivitas masyarakat. Dan insan pers sebagai pilar ke empat demokrasi, mampu berbuat banyak. Karena insan pers mampu membentuk karakter, mentalitas dan moralitas masyarakat,” ajak Presiden.

Peringatan HPN 2016  ini berlangsung selama satu minggu. Dalam peringatan tersebut, tak kurang 44 kegiatan di gelar. Puncak HPN sendiri dilaksanakan di kawasan wisata pantaiKEK Mandalika  yang memiliki garis pantai 14 KM lebih dan mempunyai 11 teluk.

(abu/kmg)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

two − one =