Home Nasional Setiap Hari Ada Saja Truk Terperosok Dieks Galian Pipa Gas

Setiap Hari Ada Saja Truk Terperosok Dieks Galian Pipa Gas

240
0
SHARE

KORANFAKTA.NET, GRESIK – Setiap harinya ada saja truk terperosok di bekas galian pipa gas milik PT Pertagas, di Jalan Mayjen Sungkono, Kecamatan Kebomas, Kabupaten Gresik, Jawa Timur. Halnya yang terjadi pada Selasa (24/10).

Akibatnya, arus lalu lintas di jalan ini, macet total hingga antrian mengular sampai satu kilometer, tepat depan perusahaan PT Gloster Furniture Indonesia. Sebelumnya di jalan raya ini, juga sejumlah truk yang melintas sering terperosok.

Sumber warga sekitar kejadian, mengemukakan bahwa, sejak proyek galian pipa gas milik Pertagas masuk di wilayah ini, setiap hari ada saja truk yang terperosok. Diduga, penyebabnya kualitas bekas galian, kurang bagus menjadi salah satu penyebabnya.

“Sering kok pak, di sepanjang bekas galian pipa gas ini, truk terperosok. Kayaknya, urukan bekas galuan kurang baik, menjadi tanahnya labil dan mudah amblas,” kata warga setempat yang turut datang melihat truk terperosok.

Diperoleh informasi dari Desa Sukorejo bahwa tanggung jawab pengelolaan bekas galian penanaman pipa gas di jalan raya ini, simpang siur. Pasalnya, satu sisi warga terdampak proyek menyebutkan bahwa pengelolaan bekas galian pipa, telah diserahkan ke Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Gresik. Nah, benar tidaknya hal tersebut, inilah yang diperoleh warga dari pihak proyek.

Namun dilain pihak, DPU Gresik mengklaim bahwa, bekas galian proyek pipa gas maupun fasilitas umum lainnya yang rusak akibat aktifitas proyek, sepenuhnya ditanggung oleh pemilik proyek.

Lantas, siapakah yang harus bertanggung atas truk-truk yang terperosok di bekas galian proyek pipa ini?. Hal ini tidak mestinya dibiarkan terus terulang karena menimbulkan gangguan ketertiban umum dan kemacetan arus lalu lintas.

Pengamat Sosial Kemasyarakatan Hotman mengemukakan, menyikapi hal ini yang perlu dilakukan adalah, DPU Gresik dan pihak proyek perlu sinergi di lapangan untuk segera mengatasi bekas-bekas galian dan jalan yang dilalui proyek.

“Kita jangan saling nenyalahkan. Yang efektif mereka ini harus sama-sama di lapangan. Sehingga setiap galian bisa langsung ditangani sesuai kualitasnya,” imbuh Hotman

Sedangkan pihak Pertagas dan DPU Gresik, belum bisa di konfirmasi mengenai hal ini. (TRI)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

5 × 1 =