Home Nasional Proyek Pipas Pertagas Kian Panas

Proyek Pipas Pertagas Kian Panas

434
0
SHARE

KORANFAKTA.NET, GRESIK – Proyek pipa gas milik PT Pertagas di Kabupaten Gresik, Jawa Timur, semakin panas. Setelah warga Desa Prambangan, Desa Kedanyang dan Desa Banjarsari, protes atas keberadaan proyek ini. Kini giliran warga Desa Sukorejo, Kecamatan Kebomas, Gresik, berunjuk rasa.

Sabtu (21/10) pukul 15.30 Wib, ratusan warga tua muda, hingga ibu-ibu turun ke Jalan Raya Mayjen Sungkono. Mereka, memprotes proyek galian penanaman pipa gas yang ada di wilayah mereka.

Pasalnya, keberadaan proyek tersebut rupanya membawa petaka buruk bagi warga desa ini. Petaka yang paling dirasakan warga yakni terhentinya distribusi air PDAM. Ini terjadi sejak proyek pipa gas tersebut, ada.

“Sejak proyek pipas gas ini ada, praktis PDAM macet total. Karena, pipas induk PDAM terdampak galian proyek,” teriak demonstran.

Selain itu, pipa yang ada di pinggir jalan juga diprotes massa, karena menimbulkan arus lalu lintas macet dan menimbulkan kecelakaan.

Aksi unjuk rasa yang dipimpin langsung oleh Kepala Desa Sukorejo, Fakhtur Rokhman, selain membentang poster dan membubarkan pekerja. Massa juga menutup jalan dengan menggulingkan pipa gas di tengah jalan raya.

“Intinya, aksi warga ini puncak dari kekesalan warga yang sudah sebulan ini tak dapat air, karena PDAM macet akibat proyek pipa gas,” kata Gusman panggilan akrab Kades Sukorejo.

Gusman akui, pihak proyek tidak pernah melibatkan pihaknya secara kedinasan ikhwal keberadaan proyek ini. Padahal, warga terdampak dari proyek tersebut. Inilah yang menimbulkan kemarahan warga.

Massa juga minta, pihak PDAM Gresik cepat tanggap atas kemacetan air. Sehingga krisis air bersih yang dihadapi warga, bisa teratasi cepat.

Kapolsek Kebomas Kompol Ronny Ade Yusuf yang hadir di tengah jalannya aksi meminta agar persoalan ini segera diselesaikan agar demo, tak terulang kembali. (TRY)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

1 × 3 =