Inilah manfaat bawang putih bagi kesehatan tubuh

Kandungan Nutrisi di Dalam Bawang Putih
Setiap 100 gram bawang putih mengandung sekitar 150 kalori. Bawang putih mengandung banyak protein dan serat. Selain itu, bawang putih juga mengandung vitamin C, kalsium, zat besi, magnesium, dan kalium.

1.  Menurunkan Resiko Terjadinya Diabetes
Bawang putih dapat membantu menurunkan kadar gula darah di dalam tubuh anda. Ekstrak bawang putih sangat membantu dalam menurunkan kadar homosistein di dalam darah. Bawang putih juga dapat memicu fungsi hati untuk menghasilkan insulin sehingga dapat membantu mengendalikan kadar gula darah anda.

 

Bawangputih
Bawangputih

2.  Menurunkan Kadar Kolesterol
Bawang putih sangat berguna untuk menurunkan kadar kolesterol. Kandungan antioksidan di dalam bawang putih dapat membantu menurunkan cukup banyak kolesterol LDL di dalam darah anda. Selain itu, bawang putih juga dapat membantu menurunkan kekentalan darah di dalam pembuluh darah dan mencegah terbentuknya bekuan darah.

3.  Membantu Mengatasi Gejala Alergi dan Flu
Bawang putih memiliki banyak agen antibakterial dan antiseptik. Mengkonsumsi beberapa siung bawang putih dapat membantu mengurangi infeksi tenggorokan, batuk, dan membantu menurunkan resiko terjadinya berbagai infeksi saluran pernapasan atas.

Bawang putih dapat mengurangi berbagai reaksi alergi pada kulit, terutama kutil. Anda dapat mengoleskannya secara langsung pada area kulit yang mengalami alergi dan terus ulangi hingga kutil hilang.

4.  Membantu Kerja Sistem Pencernaan
Bawang putih dapat sangat membantu kerja sistem pencernaan dengan cara memicu berbagai enzim pencernaan. Mengkonsumsi bawang putih dan air hangat di pagi hari dapat mengurangi gejala nyeri ulu hati, nyeri perut, dan perut kembung. Allicin di dalam bawang putih dapat mengurangi jumlah berbagai enzim pencernaan di dalam lambung. Bawang putih juga dapat membantu proses pencernaan makanan di dalam usus sehingga dapat memperlancar buang air besar.

5.  Menurunkan Tekanan Darah dan Mencegah Terjadinya Penyakit Jantung
Bawang putih dapat membantu membuat darah lebih encer dan membantu memperlancar aliran darah di dalam berbagai pembuluh darah sehingga dapat mengurangi berbagai gangguan jantung. Bawang putih dapat mencegah terbentuknya gumpalan lemak di dalam pembuluh darah (yang merupakan salah satu penyebab utama terjadinya serangan jantung).

Allicin di dalam bawang putih dapat dipecah menjadi sulfur yang kemudian bereaksi dengan sel darah merah dan menghasilkan hidrogen sulfat yang dapat membantu merelaksasi pembuluh darah dan membuat aliran darah lebih lancar.

6.  Manfaat Lainnya
Berbagai manfaat lain dari bawang putih bagi kesehatan anda adalah:
•  Membantu mencegah terjadinya kanker, termasuk kanker lambung, kanker hati, dan kanker usus besar (antioksidan, seperti quercetin, diallil, sulfide, allin, dan ajoene)
•  Meningkatkan sistem kekebalan tubuh (agen antimikroba)
•  Membantu mencegah terjadinya berbagai gejala alergi dan flu
•  Membantu metabolisme zat besi di dalam berbagai sel tubuh dengan cara memproduksi ferroportin yang berfungsi sebagai alat transportasi zat besi antar sel
•  Membantu meredakan nyeri gigi dan gusi bila dioleskan langsung pada gigi atau gusi yang nyeri.

Sumber: pilihdoktercom