Tomat Yang Kaya Manfaat

tomato-IndiaMemiliki bentuk bulat dengan warna merah cerah menjadikan tomat tak hanya menarik untuk dipandang, tapi juga segar untuk dimakan. Banyak orang menganggap tomat sebagai salah satu jenis sayuran, padahal sebenarnya tomat termasuk dalam kelompok buah-buahan.

Selain segar, tomat juga kaya akan antioksidan yang efektif untuk melawan radikal bebas. Antioksidan dalam tomat melawan dengan cara menyumbangkan elektron kepada radikal bebas, menetralkan mereka dan menghentikan reaksi berantai radikal bebas yang dapat mengganggu kesehatan.

Salah satu antioksidan yang terkandung dalam tomat adalah lycopene. Lycopene merupakan antioksidan penting yang membantu mencegah pembentukan sel kanker seperti, kanker prostat, kanker rektal, kanker perut, mulut, dan kerongkongan.

Lycopene merupakan bagian dari keluarga pigmen yang disebut dengan karoten. Karoten merupakan komponen alami yang menimbulkan warna pada buah dan sayuran. Sebagai contoh, beta karoten merupakan pigmen berwarna orange yang ditemukan pada wortel.

Lycopen tidak diproduksi oleh tubuh, sehingga tubuh membutuhkan pasokan lycopene dari makanan yang dikonsumsi. Buah tomat mengandung lycopene lebih banyak dari buah lainnya seperti wortel atau semangka.

Selain bermanfaat untuk mencegah perkembangan sel-sel kanker, tomat juga memiliki 5 manfaat penting lain bagi kesehatan, yaitu:

1. Mencegah penuaan dini
Dengan kandungan antioksidan yang tinggi, buah tomat dapat mencegah penuaan dini yang diakibatkan oleh radikal bebas. Tomat juga mengandung asam sitrat yang dapat membuat kulit tampak lebih bersih dan segar.

2. Menurunkan kolesterol darah
Asam nikotinat dalam tomat hadir untuk membantu Anda mengurangi kadar kolesterol darah yang tinggi sehingga dapat mencegah penyakit jantung.

3. Menjaga level gula darah

Tomat juga mengandung mineral penting yakni kromium. Kromium berguna untuk menjaga tingkat gula darah tetap stabil, sehingga baik dikonsumsi bagi penderita diabetes.

4. Mengurangi efek rokok

Mengkonsumsi tomat sangat dianjurkan bagi para perokok. Kandungan asam klorogenat dan asam coumaric membantu perokok memerangi karsinogen, yakni zat berbahaya dalam rokok yang dapat mengakibatkan kanker.

5. Menjaga kesehatan tulang

Selain mengandung kromium, tomat juga mengandung mineral lain yang tak kalah pentingnya, yaitu kalsium dan Vitamin K. Kedua nutrisi ini berguna untuk memperbaiki jaringan tulang yang rusak serta mencegah keropos tulang (osteoporosis).

Mulailah mengkonsumsi tomat dari sekarang, dan dapatkan segala manfaat hebat tomat bagi kesehatan Anda. (*/duniafitnes.com)