Jaga Kesehatan Jantung dengan Rumput Laut

seaweedsMenjaga kesehatan jantung tidaklah sesulit yang dibayangkan. Salah satu cara menjaga jantung agar tetap sehat adalah mengonsumsi makanan kaya serat, misalnya rumput laut.

Menurut sebuah penelitian, rumput laut bisa menjadi alternatif sayuran yang mengundang selera. Bahkan, mengonsumsi rumput laut saat makan malam dapat membantu mencegah serangan jantung.

Para peneliti telah menemukan bahwa dalam rumput laut ditemukan bahan yang berkhasiat sebagai penurun tekanan darah. Fungsinya mirip dengan obat yang biasa diresepkan para dokter.

Menurut sebuah studi, rumput laut mengandung senyawa protein tinggi yang dikenal dengan nama peptida bioaktif. Senyawa ini juga ditemukan dalam susu. Efeknya mirip dengan obat ACE inhibitor, yang sering diresepkan untuk membantu menurunkan tekanan darah dan mencegah serangan jantung dan stroke.

Kandungan kalori dalam rumput sangat rendah. Bahkan beberapa ilmuwan mengklaim khasiatnya mampu membantu menurunkan berat badan dengan mencegah penyerapan lemak

Penelitian yang diterbitkan dalam Jurnal American Chemical Society’s Journal of Agricultural and Food Chemistry, juga melihat adanya bukti khasiat rumput laut dari 100 penelitian lainnya. Hal ini dilakukan sebagai upaya untuk memanfaatkan senyawa bioaktif dan mengetahui potensi rumput laut sebagai produk makanan sehat.

“Spesies alga dari berbagai lingkungan perairan serta kemudahan budidaya, bisa membuat alga menjadi sumber pangan, dan belum terlalu dimanfaatkan sebagai senyawa bioaktif baru,” kata Dr. Maria Hayes, dari Teagasc Food Research Centre di Dublin, Jerman seperti dilaporkan Dailymail.

Varietas rumput laut yang paling dikenal adalah wakame dan sering digunakan dalam sup miso. Ada juga “kombu dan nori” yang bisa dengan mudah didapatkan di supermarket. Anda bisa mengolahnya menjadi makanan lezat untuk dijadikan menu sehari-hari demi menjaga jantung agar tetap sehat. (Metrotvnews.com)