Arab Saudi larang produk unggas dari enam negara

KORANFAKTA.NET, RIYADH — Wabah flu burung memaksa Pemerintah Arab Saudi melarang sementara impor produk unggas dari enam negara-negara Eropa dan Asia yang terkena dampak flu burung.

Ototitas pengawas obat dan makanan Arab Saudi (SFDA) menegaskan, larangan sementara impor daging unggas dan telur itu setelah Organisasi Kesehatan Hewan Dunia melaporkan wabah flu burung.

Industri peternakan ayam/ilustrasi
Industri peternakan ayam/ilustrasi

“Pemerintah untuk sementara melarang impor daging, telur, dan produk unggas dari provinsi dan kabupaten di lima negara karena merebaknya wabah flu burung yang sangat mematikan,” kata SFDA, Rabu (4/1),

Wilayah yang mendapat larangan impor adalah Bacs-Kiskun di Hungaria, Provinsi Kherson di Ukraina, Provinsi Lubuskie di Polandia, Friesland di Belanda, serta Provinsi Tarn-et-Garonne dan Aveyron di Prancis. Produk unggas dari provinsi lain di negara-negara tersebut masih diizinkan untuk diimpor jika memiliki sertifikasi bebas flu burung.

Kedutaan Besar India untuk Arab Saudi mengatakan, Kerajaan Arab Saudi juga melarang impor produk unggas dari India karena wabah flu burung. Seorang pejabat kedutaan mengatakan, SFDA memberlakukan larangan sementara impor unggas hidup dan penetasan telur dari India

“Larangan tersebut, secara periodik akan ditinjau dan ditarik jika situasi telah kembali normal,” kata pejabat tersebut, dikutip dari Arabnews. ¬†(abu/rol)