Home Middle East Menlu Retno Marsudi gagal kunnjungi Tepi Barat untuk berunding dengan Palestina

Menlu Retno Marsudi gagal kunnjungi Tepi Barat untuk berunding dengan Palestina

440
0
SHARE

KORANFAKTA.NET – Menlu Indonesia Retno Marsudi gagal mengunjungi Tepi Barat untuk mengadakan perundingan dengan para pemimpin Palestina.

Israel hari Ahad (13/3/2016) menolak Delegasi Indonesia yang dipimpin Menlu Indonesia Retno Marsudi untuk mengunjungi wilayah pendudukan di Tepi Barat, di mana ia akan mengadakan perundingan dengan para pemimpin Palestina.

Menlu Indonesia Retno Marsudi gagal mengunjungi Tepi Barat untuk mengadakan perundingan dengan para pemimpin Palestina
Menlu Indonesia Retno Marsudi 

Rombongan Menteri Luar Negeri sedianya bermaksud mengunjungi Ramallah, kedudukan otoritas Palestina. Agenda mereka adalah meresmikan pengangkatan Maha Abu-Susheh sebagai Konsul Kehormatan Indonesia di wilayah itu.

Tapi delegasi Indonesia yang bermaksud datang dengan helikopter militer Yordania tidak mendapat ijin masuk dari otoritas Israel.

”Tidak diberikannya izin over flight tersebut tidak menyurutkan determinasi Indonesia untuk melantik Konsul kehormatan RI di Ramallah. Dengan pengaturan yang sangat cepat, maka pelantikan dapat dilakukan di Amman dengan lancar,” demikian bunyi pernyataan yang dikeluarkan Kementerian Luar Negeri.

Israel dan Indonesia tidak mempunyai hubungan diplomatik resmi. Kementrian LN Israel menolak berkomentar dan kantor Perdana Menteri Benjamin Netanyahu belum memberi tanggapan. Harian Israel, Haaretz melaporkan bahwa Marsudi ditolak masuk ke Ramallah setelah menilah mengunjungi Yerusalem dan bertemu pejabat Israel di sana.

Insiden itu menyusul seruan Organisasi Kerjasama Islam (OKI) awal bulan ini untuk melarang produk-produk dari pemukiman Israel di wilayah-wilayah pendudukan di Palestina.

Seruan itu keluar pada akhir KTT OKI yang diadakan di Jakarta. Indonesia merupakan negara dengan mayoritas Muslim terbesar di dunia.

DW/VOA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

15 − 14 =