Home Breaking News Obama Presiden AS pertama kunjungi Kuba setelah 88 tahun

Obama Presiden AS pertama kunjungi Kuba setelah 88 tahun

617
0
SHARE

KORANFAKTA.NET, Havana — Barack Hussein Obama Presiden AS mengunjungi Kuba, Ahad (20/3) dan menjadi presiden Amerika Serikat pertama dalam  kurun 88 tahun yang mengunjungi Kuba.

Langkah Obama merupakan kesempatan bersejarah untuk menghentikan Perang Dingin AS dengan negara komunis tersebut.

Presiden Barack Obama dan Ibu Negara Michelle Obama menyambut anak-anak dan keluarga di kedutaan AS Minggu di Melia Habana Hotel di Havana, Kuba/photo AP
Presiden Barack Obama dan Ibu Negara Michelle Obama menyambut anak-anak dan keluarga di kedutaan AS Minggu di Melia Habana Hotel di Havana, Kuba/photo AP

Presiden Obama mendarat di Havana dan memulai perjalanan menemui warga Kuba. Obama akun Twitter-nya masyarakat Havana dengan bahasa lokal “¿Que bola Cuba?” yang berarti ‘Apa kabar?’

Senyum Obama mengembang ketika keluar dari Air Force One bersama istrinya Michelle dan dua anak perempuan mereka Sasha dan Malia.

Obama tidak hanya sebagai pemimpin AS pertama yang mengunjungi Kuba sejak Fidel Castro menggulingkan pemerintah yang didukung AS Fulencio Batista pada 1959. Ia juga yang pertama sejak Presiden Calvin Coolidge pada 1928.

“Presiden Coolidge tiba dengan sebuah kapal perang, butuh waktu tiga hari untuk sampai ke sini. Tapi  ini hanya butuh tiga jam,” kata Obama bercanda saat pertemuan dengan staf kedutaan besar AS yang baru dibuka kembali.

Kunjungan Obama telah menciptakan kegembiraan besar bagi warga Kuba yang berharap bisa mendorong perekonomian. (abu/rol)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

10 − 10 =