Kekeringan melanda 10 negara bagian di India

KORANFAKTA.NET, New Delhi — Sedikitnya 330 juta orang menderita akibat kekeringan di India, pemerintah mengatakan, negara tersebut belum pulih dari kekurangan air yang parah dan petani yang sangat miskin menderita kerugian tanaman.

PS Narasimha pengacara senior pemerintah mengatakan seperempat penduduk negara itu, yang tersebar di 10 negara bagian, telah dilanda kekeringan setelah dua tahun berturut-turut musim hujan mengalami penurunan.

Kondisi danau Sagar India mengalami kekeringan / AFP PHOTO / NOAH SEELAM
Kondisi danau Sagar India mengalami kekeringan / AFP PHOTO / NOAH SEELAM

Narasimha mengatakan pemerintah telah mengeluarkan dana  untuk daerah yang terkena dampak kekurangan  curah hujan telah memaksa penjatahan air minum bagi sebagian masyarakat.

Saat musim panas melanda India, dilaporkan para petani di desa-desa terpencil harus berjalan kaki beberapa kilometer untuk memperoleh  air setelah sumur mereka mengering.

Narasimha memaparkan data-data kekeringan ini, Selasa (19/4) lalu, setelah sebuah LSM mengajukan petisi meminta pemerintah Perdana Menteri Narendra Modi untuk meningkatkan bantuan ke wilayah kekeringan yang sulit terjangkau.

Ratusan orang terutama warga miskin meninggal  pada puncak musim panas setiap tahun di India. Suhu meningkat lebih awal dari biasanya dan suhu tertinggi melanda wilayah timur, tengah dan selatan India dalam beberapa pekan terakhir, dengan angka meningkatnya  kematian akibat stroke karena sengatan matahari.

 

Editor : Arlita Ratnasari