Gajah mengamuk menghancurkan rumah di India Timur

KORANFAKTA.NET, KOLKATA, India – Seekor gajah liar mengamuk di wilayah India timur, Rabu pagi ( 10/2/2016), menghancurkan rumah warga dan membuat kepanikan para pejalan kaki.

Karena ketakutan menyaksikan gajah mengamuk menginjak-injak mobil dan sepeda motor yang di parkir, kerumunan orang berkumpul menonton dari balkon dan atap rumah. Beberapa orang mengikuti pergerakan gajah dari jauh yang bergerak menyusuri jalan-jalan.

Seekor gajah liar tersesat ke kota merusak rumah,mobil dan pihak berwenang menembak dengan pistol pembius di Siliguri di negara bagian Benggala Barat, India, Rabu. (AP Photo)
Seekor gajah liar tersesat ke kota merusak rumah,mobil dan pihak berwenang menembak dengan pistol pembius di Siliguri di negara bagian Benggala Barat, India, Rabu. (AP Photo)

“Gajah nampak ketakutan dan berusaha kembali ke hutan,” kata Papaiya Sarkar (40 tahun), seorang ibu rumah tangga yang menonton gajah berjalan seenaknya di jalan dekat rumahnya.
Menurutnya, gajah berjalan dari hutan Baikunthapur, menyeberang jalan dan sungai kecil sebelum memasuki kota Siliguri di negara bagian Bengal Barat, India Timur.

Basab Rai, seorang Petugas Divisi Kehutanan mengatakan,  gajah betina itu tampaknya terpisah dari kawanan, dan kemungkinan mencoba mencari makanan, namun  kesasar ke kota.

Dia mengatakan bahwa gajah itu tidak menyerang orang, tampaknya hanya ketakutan saja dan setelah beberapa jam gajah itu tidak dapat menemukan jalan digiring kembali ke hutan.

Pihak berwenang akhirnya menembak gajah tiga kali dengan senapan pembius dan menggunakan derek untuk mengevakuasi ke dalam truk, kemudian membawa ke sebuah taman peliharaan yang dikelola departemen kehutanan. Setelah efek penenang mereda, pemerintah berencana akan mengembalikan  gajah tersebut ke habitatnya, kata Rai.

Gajah di India semakin sering menyasar ke kota dan terlibat kontak dengan manusia, karena populasi penduduk India semakin meningkat mencapai 1,25 miliar, dan akibat pertumbuhan pemukiman di kota-kota besar sehingga mengorbankan hutan dan habitat gajah dab hewan lainnya.

Di India dan Sri Lanka, lebih dari 400 ekor gajah mati dan 250 orang penduduk meninggal karena serangan gajah setiap tahunnya.  (abu/AP)