Delegasi 86 negara hadiri pertemuan pejabat tinggi KAA

Delegasi dari 86 negara Asia dan Afrika menghadiri Pertemuan Pejabat Tinggi (Senior Official Meeting/SOM) Konferensi Asia Afrika (KAA) di Jakarta Convention Center.

Direktur Informasi dan Media Kementerian Luar Negeri Siti Sofia Sudarma di JCC, Minggu, menyebutkan pertemuan dan peringatan KAA juga akan dihadiri oleh 32 kepala negara/pemerintahan.

Bendera para peserta Konferensi Asia Africa/photo rcti.web.id
Bendera para peserta Konferensi Asia Africa/photo rcti.web.id

Kepala negara dan kepala pemerintahan yang telah mengonfirmasi akan hadir antara lain dari negara Brunei Darussalam, Jordania, Swaziland, Tiongkok, Korea Utara, Iran, Madagaskar, Malawi, Myanmar, Namibia, Sudan, Timor Leste, Vietnam, Zimbabwe, Bangladesh, Kamboja, Mesir, Gabon, Malaysia, Nepal, Pakistan, Palestina, Singapura, Thailand.

Sementara enam wakil kepala negara atau wakil kepala pemerintahan yang telah mengonfirmasi akan menghadiri peringatan 60 tahun KAA yakni dari Aljazair, Angola, Liberia, Filipina, Seychelles, Zambia.

Siti Sofia menambahkan Pertemuan Tingkat Menteri Asia-Afrika (Asia-Africa Ministerial Meeting) pada 20 April akan dihadiri oleh 40 menteri dari negara-negara Asia dan Afrika.

Selain itu ada enam organisasi internasional yang menghadiri KAA yakni Asian Development Bank, Uni Afrika, ASEAN, PBB, Liga Negara Arab, South Center.

KAA antara lain meliputi pertemuan pejabat tingkat tinggi Asia-Afrika (19 April), pertemuan tingkat menteri Asia-Afrika (20 April), Pertemuan Bisnis Asia-Afrika (21-22 April), dan Konferensi Tingkat Tinggi Asia Afrika (22-23 April), dan napak tilas KAA di Bandung (24 April). Demikian seperti dilaporkan Antara.

 

Redaktur : Agus Budiono